Kenapa ya Lalat Sangat Sulit Ditangkap atau Dipukul, Ini Alasannya

in
Alasan Kenapa Lalat Sulit Untuk Ditangkap
Alasan Kenapa Lalat Sulit Untuk Ditangkap

Lalat sangat sering kita temui di tempat-tempat yang kumuh, seperti salah satunya tumpukan sampah. Karena itulah yang menjadi alasan mengapa serangga ini termasuk ke dalam jenis hewan yang jorok.

Setelah hinggap di tempat kotor, kotoran-kotoran akan tampak pada bagian tubuhnya. Maka dari itu, lalat hinggap di makanan kita, secara refleks kita langsung mengusirnya. Karena tidak mau kotoran yang ada pada tubuhnya menempel pada makanan kita.

Karena sangat kesal sekali dengannya, pasti kamu pernah sesekali untuk menangkap atau memukulnya. Tapi, apakah berhasil? Sebelum kamu berhasil menepuknya, dia lebih dahulu terbang dan pergi menjauh dengan cepat.

Jika saja makanan atau minuman kita telah berhasil dihinggapinya, maka kemungkinan besar akan menyebarkan penyakit yang membuat tubuh kita jatuh sakit.

Baca Juga: Ini Yang Terjadi Jika Serangga Punah

Coba bandingkan dengan nyamuk. Nyamuk cukup mudah ditangkap dibandingkan serangga satu ini. Akibatnya, lalat tadi akan hinggap kembali ke makanan atau minuman kita meskipun sudah berhasil diusir.

ARTIKEL TERKAIT •
Penelitian Terbaru, Perempuan yang Memiliki Pantat Besar, Dinilai Lebih Pintar

Lalat memiliki kemampuan untuk dengan mudah menghindar saat nyawanya dalam bahaya dikarenakan reaksinya yang berbeda dalam menerjemahkan waktu.

Lalat memiliki lebih banyak jumlah informasi dibandingkan manusia

Serangga Kecil
Foto: tribunnews.com

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, alasan hewan ini mampu menghindar dari manusia yang mencoba menangkapnya karena mereka memiliki jumlah informasi yang lebih banyak daripada manusia.

Lalat dapat mengoperasikan informasi tujuh kali lebih banyak tiap per detiknya daripada manusia. Untuk perbandingan, setiap gerakan tangan yang bergerak dengan sangat cepat, tidak dianggap sebagai gerakan cepat oleh serangga ini, melainkan gerakan yang lambat.

Baca Juga: 5 Bahan Alami Yang Ampuh Mengusir Lalat Dalam Rumah

Perbedaan waktu pada serangga satu ini adalah bentuk evolusi, yang terjadi berbarengan sama seberapa cepat metabolisme tubuh, seberapa cepat hewan bergerak, dan ukuran tubuh.

Serangga ini dapat menghindar dari gerakan yang mencoba mengarah pada dirinya

Alasan Lalat Sulit Ditangkap
Foto: budimiank.blogspot.com

Lantas, dimana hubungannya antara gerakan yang tampak lambat dengan kemampuan lalat untuk dapat menghindar dengan cepat sehingga sulit untuk ditangkap?

ARTIKEL TERKAIT •
Begini 5 Cara Ampuh Untuk mengusir Semut Dalam Rumah

Hal ini karena binatang kecil ini mampu melihat pergerakan tangan manusia lebih lamban daripada yang terjadi sebenarnya (seperti mampu melihat masa depan). Dengan begitu, lalat memiliki waktu yang cukup untuk dapat menghindar dari tangan manusia yang mencoba menganggunya.

Baca Juga: Makanan Yang Sudah Dihinggapi Lalat, Aman Tidak Ya?

Perlu kita ketahui, pergerakan yang terlihat lambat bukan hanya terjadi pada lalat saja. Hewan-hewan kecil lainnya juga memiliki kemampuan yang sama. Yang berarti, semakin kecil ukuran hewan, maka semakin lambat waktu yang mereka lalui.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.