Flora dan FaunaSainsPedia

Apakah Ikan Bisa Tidur? Ternyata Begini Caranya!

Pernahkah kamu bertanya-tanya, apakah ikan bisa tidur?

Sebenarnya semua makhluk hidup pasti tidur, untuk memulihkan tenaga setelah beraktiftas sepanjang hari. Namun memang setiap makhluk hidup memiliki cara tidur yang berbeda-beda. Mungkin sebagian besar dari kita bertanya-tanya, Apakah Ikan Bisa Tidur? Sedangkan matanya tetap terbuka sepanjang hari. Ternyata bisa, bahkan bagi mamalia laut, mereka melakukan unihemispheric slow-wave sleep.

Ikan tak memiliki kelopak mata

Apakah ikan bisa tidur? Kelopak Mata Ikan
Kelopak Mata Ikan | Merdeka

Ketika tidur, mata ikan tetap terbuka karena sebagian besar ikan tidak memiliki kelopak mata. Tidak seperti manusia yang bisa menutup kelopak matanya.

Agar mengetahuinya, kita bisa melakukan cara sederhana ini. Jika Anda memiliki ikan di aquarium, coba perhatikan respon saat dia diberi makan, jika responnya lambat, dan banyak diamnya daripada bergeraknya, kemungkinan besar ia dalam kondisi terlelap.

Saat tidur, ikan tetap waspada terhadap kemungkinan bahaya yang terjadi pada dirinya, mengingat ia hidup di alam liar.

Beberapa ikan juga harus menjaga pasokan oksigen meski saat ia tidur, mereka harus selalu bergerak agar aliran air tetap terjaga menuju insang.

ARTIKEL TERKAIT •
Cara Belajar Sampai Paham: Teknik Feynman

Itu sebabnya mereka akan mengambang dan sesekali akan menggerakkan siripnya guna menjaga keseimbangan.

Metode tidur pada mamalia

Lumba Lumba apakah ikan bisa tidur? unihemispheric slow-wave sleep
Lumba Lumba | Intisari Grid ID

Ikan-ikan kecil yang hidupnya di terumbu karang memilih bersembunyi di koral-koral bebatuan ketika tidur. Tujuannya, agar ia terhindar dari predator mengingat ikan tersebut memasuki fase tak sadar ketika tidur.

Sementara itu bagi jenis mamalia laut yang bernapas menggunakan paru-paru, memiliki metode tidur yang disebut unihemispheric slow-wave sleep. Apakah unihemispheric slow-wave sleep itu?

Unihemispheric slow-wave sleep adalah ketika kondisi di mana dalam keadaan setengah sadar ketika tidur. Artinya, mamalia berada dalam kondisi tidur setengah sadar.

Contohnya lumba-lumba, ketika mereka tidur setengah bagian otaknya tetap aktif sementara sebagian lagi beristirahat. Bagian ini akan bergantian seperti shift, dalam selang waktu empat jam. Hal ini lah yang menyebabkan meskipun lumba-lumba dalam keadaan tidur, mereka tetap mampu bernapas dengan lancar.

Nah itulah penjelasan singkat bagaimana cara ikan tidur. Semoga bermanfaat, ya!

Related Posts