Kucing Menangis Bukan Pertanda Dia Sedang Sedih

in
Gatto Triste
Credit Picture: milanemutti

Terdapat banyak cara kucing dalam menyampaikan emosi kepada orang atau lingkungan sekitarnya. Sebenarnya sudah banyak penelitian yang meneliti mengenai perilaku dan bahasa si kucing.

Namun ada beberapa awam yang masih salah kaprah mengenai salah satu respon kucing, salah satunya ialah saat kucing mengeluarkan air mata. Banyak yang mengira ketika kucing mengeluarkan air mata, ia sedang bersedih.

Benarkah demikian? Berikut ulasannya buat kalian!

Respon terhadap cedera atau penyakit

Sama seperti manusia, kucing juga memiliki kelenjar air mata yang sama pentingnya. Fungsi air mata sendiri ialah melubrikasi permukaan bola mata dan mengeluarkan kotoran yang masuk ke mata. Jadi, tanpa air mata, permukaan bola mata kucing akan terganggu kesehatannya.

Menurut penelitian manusia merupakan satu-satunya makhluk hidup yang ketika sedang mengalami emosi kesedihan, akan menangis mengeluarkan air mata. Berbeda dengan manusia, air mata kucing merupakan respon terhadap cedera atau penyakit yang berkaitan dengan mata si kucing.

Contoh gangguan mata pada kucing yang bisa membuatnya mengeluarkan air mata antara lain, alergi, konjungtivis, infeksi mata karena debu, mata kering, atau cedera mata yang disebabkan perkelahian atau terbentur dengan benda keras.

ARTIKEL TERKAIT •
Ini Pertanda Jika Anak Akan Menjadi Psikopat Ketika Dewasa

Emosi dan perilaku kucing

Ternyata Ini Penyebab Suara Kucing Hilang
Ilustrasi anak kucing | catlovers

Layaknya manusia, kucing juga memiliki emosi. Menurut penelitian, kucing bisa merasakan perasaan manusia dan hewan lainnya berdasarkan mimik wajah yang dilihat oleh kucing.

Namun, untuk mengekspresikan emosinya, kucing memiliki caranya sendiri. Contohnya pada anak kucing yang akan berteriak mengeong keras seolah mengatakan “kami di sini” ketika mereka kehilangan induknya.

Ketika mendengkur saat bermain, itu menandakan si kucing sedang menunjukkan emosi bahagianya. Nah, ketika bersedih, kucing justru seperti lesu dan cenderung menarik diri, bahkan tidak nafsu makan. Duh moody banget ya.

Jadi, jika kamu melihat kucing kesayanganmu menegluarkan air mata, yang kamu khawatirkan bukan perasaanya, tapi perhatikan kesehatannya.

Berikan Nilai Untuk Konten ini