Mengapa Kucing Suka Makan Rumput? Inilah Penjelasannya

in
Mengapa Kucing Suka Makan Rumput
Mengapa Kucing Suka Makan Rumput

Kucing adalah hewan yang sering melakukan hal-hal yang unik dan jarang dilakukan hewan peliharaan lainnya. Salah satunya adalah memakan rumput. Setelah memakannya, ia langsung memuntahkannya begitu saja. Meskipun tergolong ke dalam hewan karnivora, lantas mengapa kucing suka makan rumput?

Setelah berabad-abad menjadi misteri, akhirnya para ilmuwan melakukan penelitian untuk mengungkap misteri ini. Sikap unik kucing ini diteliti oleh sejumlah pakar ahli di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas California, Amerika Serikat. Kemudian penemuaan ini diperlihatkan pada kongres Internasional buat Etologi Terapan ke-53 di Norwegia.

Baca Juga: 6 Kucing Termahal Dunia, Harganya Bikin Melongo!

Sebanyak 1000 pemilik kucing melalui di internet melakukan penelitian. Dan hasilnya, rata-rata kucing menyukai rumput. Dalam survey tersebut menunjukkan hasul:

  • 71 persen hewan memakan tumbuhan hijau sebanyak 6 kali
  • 11 persen hewan kucing tidak peduli dengan tanaman hijau tersebut
  • 27 persen kucing muntah setelah memakan rumput.

Alasan kucing suka makan rumput

Alasan Kucing Suka Makan Rumput
Foto: kittykrafty.com

Banyak orang yang berpendapat alasan kucing suka makan rumput adalah untuk untuk mengobati penyakitnya. Dengan cara memakannya, setelah itu memuntahkannya.

ARTIKEL TERKAIT •
Dikira Kucing Terlantar, Ternyata Anak Puma

Namun hanya sekitar seperempat kucing yang muntah setelah memakan rumput. Dan sebanyak 91 persen penjawab mengatakan kucing mereka memakan rumput tidak untuk mengobati penyakit yang ia alami.

Berdasarkan penelitian, itu adalah insting dari kucing yang kadang timbul dari proses ovolusi pada kucing itu sendiri.

Baca Juga: Tips Memilih Makanan Kucing Yang Berkualitas

Teori tersebut berdasarkan penelitian terhadap simpanse dan hewan liar lainnya yang telah diteliti sebelumnya. Dan menyatakan bahwa memakan rumput dapat membantu hewan untuk menghilangkan parasit usus dengan cara menaikkan kegiatan otot pada saluran pencernaan.

Dengan perngecualian, kemungkinan kucing saat ini tidak ada parasit dalam tubuhnya. Secara tidak sadar, kebiasaan kucing suka makan rumput ini telah turun temurun dari leluhurnya dahulu kala.

Kucing Imut
Foto: eskipaper.com

Kalau kamu memiliki kucing, lakukan ini

Jika kamu memelihara hewan imut satu ini, setidaknya tanamilah rumput sekitar pekarangan rumah atau ruangan kucing itu sendiri.

Baca Juga: Mengapa Kucing Dan Anjing Jadi Hewan Peliharaan Yang Sering menjadi peliharaaan?

ARTIKEL TERKAIT •
Keuntungan Memelihara Ikan Di Dalam Rumah

Tentu hal tersebut akan membuatnya bisa melakukan perilaku bawaannya. Dan jika setelah itu ia memuntahkannya, jangan panik. Kan kamu sudah mengetahui apa alasan kucing suka makan rumput dan kemudian memuntahkannya.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.