Makanan dan Minuman yang Baik Untuk Kucing Kampung

in
Credit Picture: apahabar.com

Tidak seperti kucing ras seperti Persia, Anggora, atau Maine Coon yang perawatannya terbilang memiliki syarat-syarat khusus dan sedikit ribet, memelihara kucing kampung cukuplah mudah dan sederhana.

Bagi para pencinta kucing sejati, ia tak akan membeda-bedakan jenis kucing untuk diberikan kasih sayang dan perhatian.

Kucing kampung merupakan jenis kucing yang kerap dipelihara oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Baik dipelihara secara khusus layaknya memelihara kucing ras, atau hanya rutin memberikan makan dan perawatan pada kucing-kucing kampung di sekitarnya.

Meskipun dibilang kucing kampung yang notabennya liar, terkadang banyak yang kurang memperhatikan jenis makanan dan minuman yang mereka berikan bagi para kucing kampung tersebut.

Padahal, kucing kampung pun perlu asupan gizi dan nutrisi yang sama baiknya dengan kucing ras, jika kucing kampung kita menjadi gemuk dan sehat, bukan tidak mungkin bisa menyaingi kecantikan kucing ras.

Nah, berikut ini rekomendasi makanan dan minuman yang baik bagi kucing kampung.

1. Daging

Makanan Kucing Kampung
Daging sebagai makanan utama kucing | sebabut

Kucing pada dasarnya merupakan hewan karnivora, tentu saja makanan utama mereka adalah daging. Sebenarnya semua jenis daging baik bagi kucing kampung, namun daging ikan lah yang dikatakan yang terbaik bagi kucing.

ARTIKEL TERKAIT •
Sebaiknya Menghindari Makanan ini Ketika Perut Sedang Kosong

Sebelum memberikan daging ikan kepada kucing, sebaiknya daging tersebut diolah terlebih dahulu. Bisa direbus, digoreng atau dihaluskan seperti bubur.

Jangan lupa jauhkan juga tulang ikan yang bisa membuat kucing tersedak, berikan beberapa kali dalam seminggu untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

2. Nasi

Bolehkah Kucing Makan Nasi
Kucing makan nasi | tanya dokter hewan

Memberikan nasi kepada kucing sebenarnya bisa berdampak baik juga berdampak buruk. Itu semua tergantung bagaimana kita menyajikannya bagi si kucing kampung.

Dilansir catrescue.id, nasi bisa menyebabkan kucing mengalami gangguan pencernaan. Jika ingin memberikan nasi, campurlah nasi dengan lauk daging. Lalu gunakan perbandingan 25% nasi + 75% daging.

Mengapa porsi nasinya lebih sedikit? Karena nasi mengandung glukosa yang bisa membuat kucing diare.

3. Tempe

Maxresdefault 2
Kucing makan tempe halus | Agege Saputra via Youtube

Jika ingin memberikan kucing kampung tempe, sebaiknya jangan langsung memberikannya begitu saja. Olah dahulu tempe tersebut dengan cara direbus, kemudian haluskan tempe rebus tersebut agar lembut.

4. Makanan khusus kucing

Kucing Tidak Mau Makan
Makanan kucing | kucing.org

Makanan khusus kucing boleh-boleh saja diberikan kepada kucing kampung. Kalian bisa memberi makanan ini yang bisa dibeli per kilo di PetShop terpercaya.

ARTIKEL TERKAIT •
Rekomendasi Film Psikologi yang Mengejutkan Nalar

Pilihlah merk makanan kucing yang direkomendasikan, sebelumnya kalian bisa dulu search di internet melalui situs-situs yang membahas hewan-hewan peliharaan.

5. Air Putih

Seberapa Banyak Sih Kebutuhan Minum Kucing Dalam Sehari
ilustrasi kucing minum air putih | catlovers.id

Air merupakan kebutuhan semua makhluk hidup, begitu pun bagi si kucing. Meskipun demikian, memberikan air putih kepada kucing, gunakan wadah yang higienis dan bersih.

Selain itu, ganti air minum dan cuci bersih wadahnya setiap hari.

6. Susu

3798919449
Kucing minum susu | bobo.grid

Berilah kucing kampung susu yang direkomendasikan oleh PetShop. Karena kucing tidak bisa meminum susu sapi.

Susu sapi mengandung laktosa, laktosa merupakan gula yang terdiri dari glukosa dan galaktosa. Kucing tidak memiliki enzim laktase, enzim ini berfungsi untuk memecah gula dalam susu dan menyerapnya dalam tubuh.

Jika kucing tetap diberikan susu sapi, itu justru akan menggangu kesehatan si kucing. Susu sapi yang tidak bisa diserap oleh tubuh kucing akan difermentasi oleh bakteri dalam usus kucing, sehingga menyebabkan kucing mengalami diare dan gangguan kesehatan lainnya.

Berikan Nilai Untuk Konten ini