Tips Agar Kucing Gemuk, Sehat, dan Lincah

in
Mengenali Ciri Kucing Sehat 1
Credit Picture: catlovers.id

Buat kalian yang memelihara kucing, pasti kalian ingin kan kucing kesayangan kalian gemuk, sehat dan lincah. Memelihara kucing itu gampang-gampang susah sebenarnya, berikut tips-tips buat kalian!

1. Vaksin dan Steril

Berat badan kucing bisa turun salah satunya disebabkan oleh penyakit dan virus. Nah, untuk mencegah itu, kucing juga butuh vaksin. Selain itu, agar selera makan kucing bertambah, salah satu caranya ialah dengan melakukan sterilisasi kepada kucing.

Sterilisasi ialah pengangkatan organ reproduksi kucing, agar si kucing tidak memiliki keturunan terlalu banyak. Strerilisasi bisa dilakukan kepada kucing jantan atau pun betina.

Kucing yang sudah disterilkan, selain nafsu makannya bertambah, juga bisa lebih sehat, dan bebas perkelahian karena libido si kucing sudah dihilangkan. Karena nafsu makannya bertambah, kucing akan cepat gemuk.

2. Vitamin

Berikan vitamin penambah nafsu makan kepada kucing kesayanganmu. Bisa diberikan langsung ke kucing, atau campurkan ke makanannya secara rutin. Vitamin kucing bisa didapatkan di pet shop kepercayaan kamu.

3. Makanan khusus kucing

Makanan khusus kucing adalah makanan yang kandungannya disesuaikan kebutuhan asupan nutrisi si kucing. Karena pada makanan khusus kucing, terdapat banyak nutrisi yang dibutuhkan si kucing.

ARTIKEL TERKAIT •
8 Manfaat Telur Ayam Bagi Ibu Hamil

Baik itu dry food atau pun wet food, semuanya sama baiknya bagi kucing kesayanganmu.

4. Susu khusus kucing

Selain makanan dan vitamin khusus kucing, mereka juga perlu asupan gizi dari susu. Tapi ingat, berikan susu khusus kucing, bukan susu sapi yang biasa kita minum.

Susu kucing dengan susu yang biasa kita minum memiliki kandungan yang berbeda. Kucing tidak bisa mencerna susu sapi, pencernaan mereka akan terganggu jika kalian berikan susu sapi.

5. Makanan tinggi protein

Selain makanan khsus kucing, berikan juga makanan tinggi protein. Bisa didapatkan dari daging ayam atau pun ikan.

Jangan berikan dalam keadaan mentah, sebaiknya dimasak terlebih dahulu. Pisahkan tulang ikan jika kalian memberikannya ikan, agar kucing lebih mudah memakannya dan terhindar dari tersedak tulang ikan.

6. Ajak bermain

Berilah kasih sayang terhadap kucing kamu, seperti dielus dan ajak mereka bermain. Jika suasana hati mereka senang, mereka pasti akan lebih sering makan. Selain itu, juga membangun koneksi keakraban dengan kucing kesayanganmu.

ARTIKEL TERKAIT •
Sebenarnya Kucing Kampung Itu Jenis Kucing Apa Sih?

Berikan Nilai Untuk Konten ini