4 Bintang Terbesar di Alam Semesta ini Membuat Matahari Terlihat Sangat Kecil

in
012770300 1418055004 800px Sun And VY Canis Majoris.svg
Credit Picture: Liputan6

Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahayanya sendiri. Menurut ilmu astronomi bintang adalah benda langit yang masif memiliki massa antara 0,08 hingga 200 massa matahari yang melakukan pembangkitan energi melalu reaksi fusi nuklir.

Ada begitu banyak galaksi di luar sana, begitu juga dengan bintang, jika kita memiliki matahari, di luar sana sangat banyak bintang yang lain. Bahkan, ada beberpaa bintang yang ukurannya super luar biasa besar, sehingga matahari kita terlihat seperti semut di hadapan para bintang itu.

Berikut 4 bintang terbesar di alam semesta!

Pistol Star

Slide35
Perbandingan Pistol Star dengan Matahari | livejournal

Bintang ini pertama kali ditemukan tahun 1991 lewat teleskop Hubble. Memiliki massa 80-150 lebih besar dibandingkan dengan matahari dan 10 juta lebih terang dari matahari. Suhu permukaan bintang ini bahkan hingga 11.800 K.

Dinamai pistol star karena bentuknya terlihat seperti pistol saat dilihat pada gambar resolusi rendah saat ia ditemukan.

Mu Cephei

14640126324 F4204d627f B
Mu Cephei | Source Picture

Bintang ini terletak di konstelasi Cepheus, berwarna merah darah dengan ukurannya yang sangat besar hingga kita bisa melihatnya dengan mata talnjang di malam hari. Ukurannya jika dihitung secara matematis, sedikit lebih besar dibandingkan diameter orbit Jupiter terhadap Matahari.

ARTIKEL TERKAIT •
Apa yang akan Terjadi Jika Matahari Kita Mati?

Terangnya bintang ini bahkan 100 ribu kali lipat dibandingkan matahari. William Herschel adalah peneliti asal Jerman yang menemukan bintang ini. Belakangan ini cahanya semakin redup, peneliti pun berkesimpulan bahwa bintang ini akan segera mati.

VV Cephei A

tigaserangkai

Ukuran VV Cephei memang besar, namun tidak bisa ditentukan secara pasti karena beberapa hal. Misalnya saja karena, bentuknya yang tidak bulat sempurna, parameter orbital, dan cahayanya yang tidak stabil.

Namun diperkirakan bintang ini jika dibandingkan dengan matahari seperti roda truk besar dengan batu akik.

VY Canis Majoris

012770300 1418055004 800px Sun And VY Canis Majoris.svg
VY Canis Majoris | Liputan6

Dalam hal ukuran, mungkin dibutuhkan sekitar 3 juta matahari untuk menyamainya. Jika dihitung dari bumi, jarak VY Canis Majoris hanya sekitar 2.900 tahun cahaya, bintang ini memang termasuk tetangga dekat kita, tentu saja ukuran dekat di dimensi luar angkasa yang berbeda.

Bintang ini memiliki suhu yang lebih dingin daripada Matahari. UY Scuti memiliki suhu sekitar 3.091 derajat Celcius, sedangkan Matahari bersuhu 5.504 derajat Celcius.

Bintang ini merupakan bintang terbesar di alam semesta yang diketahui oleh manusia, mungkin bisa kita bayangkan lingkaran orbit saturnus terhadap matahari, kira-kira sebesar itu lah ukuran bintang ini.

ARTIKEL TERKAIT •