Mirip Bumi, Planet Venus Juga Memiliki Gunung Berapi yang Aktif

in ,
Credit Image: Sains Kompas

Di antara planet-planet di Tata Surya kita, para astronout atau peneliti antariksa lainnya, lebih sering meneliti planet Mars dibandingkan dengan planet lainnya. Padahal, planet yang dijuluki sebagai saudara kembar Bumi adalah planet Venus, namun Venus justru lebih jarang diteliti.

Meskipun demikian, bukan berarti peneliti sama sekali tidak menyelidiki planet Venus sama sekali. Penelitian terbaru menunjukan ada hal yang membuat planet Venus semakin mirip dengan Bumi.

Berikut ulasannya!

Gunung Berapi Aktif di Venus

Di berbagai belahan Bumi, terdapat banyak gunung berapi aktif. Salah satunya Indonesia, bahkan negara kita ini dijuluki Ring of fire karena memiliki banyak gunung berapi aktif yang mengelilingi wilayahnya.

Sebelumnya, Bumi merupakan satu-satunya planet di Tata Surya yang memiliki gunung berapi aktif. Namun saat ini, Bumi bukan satu-satunya planet yang memiliki gunung berapi aktif.

5e115fc7206b6
Gunung berapi di permukaan Venus (NASA/ESA) | Source Image

Penelitian terbaru menunjukan bahwa planet Venus juga memiliki gunung berapi aktif. Para peneliti melihat adanya magma yang keluar pada gunung tersebut, yang diperkirakan baru berusia beberapa tahun. Hal ini membuat planet Venus semakin mirip dengan planet Bumi.

Penting untuk Penelitian Lanjutan

Penemuan gunung berapi yang berstatus aktif di Venus merupakan hal yang menarik dan penting menurut para peneliti.

Jika memang benar gunung yang berada di Venus tersebut berstatus aktif, hal ini membuat planet tersebut menjadi tempat yang bisa dikunjungi untuk penelitian lebih lanjut mengenai bentuk planet itu.

Dengan mengumpulkan bukti-bukti yang ada, para peneliti menyebutkan bahwa penelitian selanjutnya ialah berkaitan dengan perubahan permukaan planet.

Potensi Gunung berapi aktif sudah ditemukan sejak tahun 1990-an

Pada awal tahun 1990-an, NASA sudah menduga adanya gunung berapi di Venus. Melalui gambar radar yang ditampilkan oleh pesawat ruang angkasa milik NASA bernama Magellan, menampilkan adanya gunung berapi yang berpotensi status aktif di planet Venus.

Selain itu, pada tahun 2000 pesawat Venus Express milik European Space Agency atau ESA juga menunjukan potensi adanya potensi gunung berapi aktif di planet Venus.

Hasil dugaan tersebut berdasarkan data infra merah pada malam hari di planet Venus. Meskipun demikian, peneliti belum mengetahui secara pasti umur magma yang keluar dari gunung tersebut.

Tinggalkan Balasan