Beberapa Fakta Seputar Sejarah Rokok

in , ,
Images

Rokok atau kegiatan merokok adalah dua hal yang tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita karena faktanya lebih dari sepertiga atau 36,3 persen penduduk Indonesia saat ini menjadi perokok. Bahkan merokok adalah salah satu kegiatan yang banyak dilakukan orang hampir di seluruh dunia.

Images(2)
Persentase perokok di seluruh dunia.

Di bawah ini adalah beberapa fakta seputar sejarah Rokok:

  1. Sejarah rokok dimulai di Amerika Selatan pada 4.000 tahun sebelum masehi. Ketika itu, merokok atau mengunyah tembakau merupakan bagian dari ritual perdukunan.
  2. Rokok diperkenalkan pertama kali ke eropa oleh Cristopher Colombus. Dia juga adalah orang Eropa pertama yang menemukan tumbuhan tembakau.
  3. Pada abad ke-15, para pelaut Portugis menanam tembakau di hampir semua pos perdagangan mereka, cukup untuk keperluan pribadi dan hadiah. Pada pertengahan abad mereka mulai menanam tembakau secara komersial di Brasil dan segera menjadi komoditas yang dicari dan diperdagangkan melintasi pelabuhan di Eropa dan Amerika.
  4. Pada akhir abad ke-16, pabrik tembakau dan penggunaan tembakau diperkenalkan ke hampir setiap negara di Eropa.
  5. Mesin pembuat rokok pertama yang dipatenkan adalah buatan Juan Nepomuceno Adorno dari Meksiko pada 1847.
  6. Rokok benar-benar mulai populer setelah ditemukannya mesin pembuat rokok yang baru oleh James Bonsack pada tahun 1881.
  7. Pada tahun 1990 4 miliar batang rokok terjual dan produksinya terus meningkat.
  8. Pada tahun 1997 Untuk pertama kalinya dalam sejarah seorang CEO perusahaan tembakau mengakui di persidangan bahwa rokok dan produk tembakau terkait menyebabkan kanker. Namanya Bennett Lebow.
  9. Pada tahun 1990 – 2000 larangan merokok publik mulai berlaku di sebagian besar negara bagian di Amerika, serta di negara-negara lain di dunia.

Itulah tadi beberapa fakta seputar sejarah Rokok, semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Terima Kasih

Referensi:

  1. https://tobaccofreelife.org/tobacco/tobacco-history/
  2. https://internasional.kompas.com/read/2018/05/31/13362751/sejarah-rokok-dari-fungsi-medis-hingga-jadi-candu-dunia
0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Balasan