5 Cara Jitu Nan Tenang Menghadapi Resesi Ekonomi

in
Hadapi Resesi
Hadapi Resesi

“RESESI EKONOMI, GAWAT!” Eits jangan panik dulu guys. Simak nih tips 5 cara kitu untuk menghadapinya.

Mungkin banyak dari kamu yang sudah mengetahui kalau saat ini, Indonesia lagi-lagi menghdadapi resesi ekonomi. Bahkan melansir Yahoo Finance, resesi ekonomi 2020 ini, sama seperti ketika resesi gila-gilaan tahun 1998 silam.

Alhasil atas resesi ekonomi ini, seluruh kebutuhan menjadi meningkat tajam, lapangan kerja kian menipis, bahkan bisa-bisa (dan jangan sampe deh!) kita juga mengalami PHK. 

Memang konsekuensi-konsekuensi tersebut sangatlah mengerikan. Tapi pada saat yang sama, tentunya kita harus bisa menghadapinya juga dengan sangat tenang. Dan berikut adalah 5 cara jitu nan tenang untuk menghadapi resesi ekonomi ini.

1. Tetap Kalem

Ya sebelum masuk ke tips atau cara yang bersifat teknis, pastinya langkah pertama yang harus kita lakukan untuk menghadapi resesi-nya, adalah dengan bersikap kalem dan tenang.

Pasalnya kalau kita cemasan atau panikan gak karuan, nantinya semua kacau balau. Bisa-bisa, kita nanti jadi super stress, ujung-ujungnya terkena penyakit berbahaya yang mengancam saat ini, COVID-19 aka Corona.

ARTIKEL TERKAIT •
Indonesia Masuk Jurang Resesi? Arti Jurang Resesi!

Kalau sudah begitu, ya apes banget bukan jadinya? Jadi yap, kalem aja. Memang situasi yang kita hadapi ini gak enak bangget. Tapi yakinlah bahwa kita bisa banget dalam menghadapinya.

2. Berhemat

Tentunya langkah jitu dan logis kedua dalam menghadapi resesi ekonomi saat ini, adalah dengan berhemat.

Pokoknya jangan menghabis-habiskan uang kita ke hal-hal yang sebenarnya bukan kebutuhan yang super penting. Dahulukan yang penting-penting dulu. Bahkan kalau bisa, sebaiknya gak usah deh liburan-liburan dulu.

Karena ingat! Liburan, kemanapun itu, pastinya akan mengeluarkan biaya yang gak sedikit.

3. Jangan Berhutang

Kalau memang gak terpaksa banget-banget, sebaiknya jangan coba-coba untuk ngutang. Karena kita gak tau nih apakah ke depannya penghasilan kita masih ada seperti biasa, atau malah menjadi berkurang drastis.

Kalau misalkan penghasilan berkurang drastis, alhasil kitapun menjadi pikir-pikir dua kali untuk mengganti pinajamannya. Jadinya, bakalan pusing binti mumet lagi deh.

4. Cari Penghasilan Tambahan

Pada masa resesi ekonomi saat ini, percaya deh guys. Gak bakalan bisa apabila hanya mengandalkan gaji kerjaan utama doang walau, gaji kita satu bulannya Rp. 10 juta sekalipun.

ARTIKEL TERKAIT •
Indonesia Masuk Jurang Resesi? Arti Jurang Resesi!

Memang sih kebutuhan dapur masing-masing orang beda-beda. Tapi berapapun penbghasilannya, ada baiknya kamu memiliki tambahan. Karena percayalah, sewaktu-waktu, penghasilan tambahan tersebut bakalan kita gunakan.

5. Memiliki Tabungan

Bagi kita-kita yang dari kemarin gak pernah menyisihkan sedikt uang kita untuk kita tabung, waduh mulai biasain deh guys.

Karena ya seperti dalam beberapa poin penjelasan sebelumnya, kita gak tahu kapan kita tiba-tiba kehabisan. Dengan adanya tabungan, percaya deh, bakalan bisa menyelamatkan nyawa kamu banget.

Itulah tadi tips 5 cara jitu nan menenangkan dalam menghadapi resesi ekonomi saat ini. Semoga bermanfaat!

Berikan Nilai Untuk Konten ini