Ini dia Perbedaan dari Baking Soda, Baking Powder, dan Soda Kue

in
Perbedaan Soda Kue, Baking Soda, Dan Baking Powder
Perbedaan Soda Kue, Baking Soda, Dan Baking Powder

Bagi kamu yang suka atau sering membuat kue pasti sering menjumpai bahan-bahan ini. Baik itu baking soda, baking powder, dan soda kue sering tertera pada buku-buku resep. Nah, terkadang ketiga bahan pembuat kue ini sering membuat bingung karena namanya yang hampir-hampir mirip.

Padahal, kenyataannya ketiga bahan ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Mulai dari pengaplikasiannya dan segi kandungannya. Nggak lucu kan kalau kue yang kamu buat itu rasanya hambar atau flat karena kamu nggak tau apa saja perbedaan ketiga bahan pengembang ini.

Selain membuat kue jadi enak, mengetahui perbedaan ketiga bahan ini juga akan menambah wawasan kuliner kamu akan bertambah. Nah, berikut bepe akan berikan informasi tentang perbedaan dari baking soda, baking powder, dan soda kue.

Catatan: Soda kue dengan Baking soda itu sama.

1. Soda kue memiliki satu kandungan bahan yang dapat mengembangkan makanan, sedangkan baking powder memiliki tambahan kandungan lainnya

Perbedaan Baking Soda Dan Baking Powder
Foto: viva.co.id

Soda kue atau baking soda memiliki sejumlah 100% zat kimia yang bernama Sodium bikarbonat/Natrium bikarbonat. Yang mana zat tersebut bisa membuat adonan mengembang. Hanya satu bahan yang ada pada soda kue.

Baca Juga: Cara Menyimpan Kue Utuh Dan Yang Sudah Terpotong

Sementara itu baking powder, bukan hanya mengandung Natrium bikarbonat, namun juga mengandung komponen asam, yaitu soidum asam pirosfosfat, bahan pengelmusi, dan cream of tartar. Yang berarti, baking powder merupakan soda kue telah dibaur dengan bahan tambahan.

2. Daya pengembang baking powder lebih lemah daripada soda kue

Bahan Pengembang
Foto: today.com

Keduanya sama-sama berbentuk bubuk putih. Akan tetapi, baking soda bereaksi 3 sampai 4 kali lebih cepat daripada baking powder. Saat kedua bahan ini dibaurkan pada sebuah adonan kemudian dipanggang dalam oven, keduanya akan segera bereaksi pada adonan dan menciptakan karbondioksida yang akan membuat adonan jadi mengembang.

3. Kemampuannya yang tidak sama, jadi hasil kue juga berbeda

Hasil Kue Tidak Sama
Foto: rctiplus.com

Karena soda kue dapat bereaksi lebih cepat, sehingga jalannya proses pengembangan adonan segera terjadi ketika bahan asam bercampur dengan soda kue. Itulah yang membuat adonan yang sudah mengembang harus segera dipanggang atau dikukus. Jika terlambat saja, maka hasil kue malah tidak akan mengembang.

Baca Juga: Resep Kue Cubit Enak Lembut Dan Mudah Membuatnya

Sedangkan, baking powder yang dimasukkan pada adonan relatif aman saat dibiarkan begitu saja dalam waktu yang tidak sebentar selama memakai jenis baking powder yaitu double acting, jalannya proses pengembangan akan terjadi selama dua tahap, yaitu ketika adonan dibuat dan ketika proses pemanasan. Adonan kue tidak akan bantat jika jenis baking powder ini dibiarkan lama. Karena masih ada proses pengembangan saat dipanaskan.

4. Kandungan nya yang berbeda, maka baik itu baking soda dan baking powder terkhusus untuk kue tertentu

Hsail Kue Soda Kue Dan Baking Powder Berbeda
Foto: fimela.com

Jika kamu ingin membuat adonan kue yang mengandung bahan asam, seperti susu, yoghurt, cokelat, atau buttermilk, gunakanlah soda kue. Kue-kue yang menggunakan telur juga lebih baik tidak menggunakan soda kue. Sedangkan, untuk adonan kue yang tidak mengandung bahan dari soda kue, gunakanlah baking powder.

Lebih baik adonan kue yang menggunakan baking powder adalah kue-kue kering. Sementara, adonan kue yang memakai soda kue adalah kue yang dipanggang atau dikukus.

5. Cita rasa tiap bahan pengembang berbeda

Rasanya Berbeda
Foto: detik.com

Adonan yang memakai soda kue untuk bahan pengembangnya akan membuat rasa kue terasa pahit atau pedah. Agar rasanya tidak terlalu, gunakanlah secukupnya. Sedangkan adonan yang menggunakan baking powder tidak akan menghasilkan rasa yang pahit walau penggunaannya banyak.

Baca Juga: 3 Makanan Yang Tidak Baik Makannya Bersama Soda

Hal ini karena Natrium bikarbonat akan hilang bereaksi dengan bahan pengelmusinya dan Sodium asam pirosfosfat.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan apa yang membedakan antara soda kue, baking soda, dengan baking powder? Jangan sampai salah pilih lagi ya.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.