Usia Belum Tua Rambut sudah Beruban, Ini Penyebab

in
Penyebab Rambut Beruban Saat Usia Belum Tua | lifestyle.bisnis.
Penyebab Rambut Beruban Saat Usia Belum Tua

Rambut yang memutih atau biasa disebut dengan ubanan ini terjadi seiring bertambahnya usia. Keberadaan rambut putih dianggap sebagai usia yang mulai tua. Namun, uban tidak selalu muncul pada mereka yang berusia lanjut saja.

Umumnya ubanan ini akan muncul ketika memasuki usia pertengahan 30-an atau 40-an. Namun, tidak jarang kita lihat orang-orang berusia 20-an awal sudah mulai tumbuh uban. Rambut menjadi beruban dan kepala membotak.

Bagaimana rambut beruban bisa muncul di usia muda?

1. Karena faktor genetik

Lansia 2
Penyebab Rambut Beruban Saat Usia Belum Tua | news.labsatu

Faktor pertama kali ini munculnya rambut beruban diusia muda, bisa jadi bawaan dari orang tua maupun kakek neneknya dulu yang juga mengalami, hal serupa ketika masih muda. Selain itu, orang yang memiliki warna rambut lebih terang atau tidak terlalu hitam, cenderung bakal lebih cepat ubanan dibandingkan orang yang punya rambut hitam pekat.

2. Karena mengalami stres

041477700 1544692355 Pria Lebih Mudah Stres Ini Solusinya By Roman Samborskyi Shutterstock
Penyebab Rambut Beruban Saat Usia Belum Tua | klikdokter

Memang tidak tampak secara langsung, ternyata stres memberikan dampak pada perubahan kulit maupun rambut yang beruban. Kondisi seperti ini biasanya ketika seseorang mengalami stres, rambut kita menjadi lebih mudah rontok. Pasalnya, kepala yang “panas” secara tak langsung menjadikan akar rambut kita melemah, sehingga mudah tanggal, lalu perlahan mengalami perubahan warna.

ARTIKEL TERKAIT •
Manfaat Luar Biasa Daun Salam Bagi Kesehatan Rambut

3. Karena gaya hidup

Cara Hidup Sehat 2
Penyebab Rambut Beruban Saat Usia Belum Tua | gojek

Ternyata gaya hidup juga memiliki peran penting terhadap perubahan warna rambut atau ubanan. Misalnya, gaya hidup merokok, ternyata dapat mengikis vitamin B12 di dalam tubuh. Padahal nih, vitamin B12 berperan dalam memberikan kekuatan pada rambut dan bertugas supaya si pigmen rambut tersebut terjaga.

Oleh karenanya, mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dapat membantu melindungi tubuh dari racun, termasuk rambut ubanan yang datang terlalu cepat.

Tumbuh uban di usia muda ini bisa disebabkan oleh kurangan vitamin B-12 atau masalah dengan kelenjar di bawah otak atau kelenjar tiroid.


Jika rambut beruban muncul lebih cepat dari usia tersebut, maka dapat disebut beruban di usia muda atau uban prematur. Bagi kita yang sudah ubanan padahal masih berusia muda, ya sudah, disyukuri dan besyukur masih kesehatan badan.

Baca juga Ciri Rambut Rusak yang Harus Diketahui, Waspadalah(Buka di tab peramban baru)

Berikan Nilai Untuk Konten ini