5 Wilayah Terpanas di Dunia Jarang Diketahui, Mampukah kalian bertahan disana?

in
5 Wilayah Terpanas Di Dunia Jarang Diketahui
5 Wilayah Terpanas Di Dunia Jarang Diketahui | earthobservatory

Bagi orang Jakarta atau kota manapun di Indonesia bahwa suhu 34 derajat celsius sudah cukup membuat kepanasan. Tapi tahukah kamu bahwa ada tempat-tempat di berbagai negara yang memiliki suhu panas rata-rata melebihi Indonesia,

Bahkan ada yang mengalami suhu hampir mendekati 60 derajat celsius yang kemungkinan bisa mempengaruhi tubuh manusia, mengerikan! Nah, berikut ini adalah tempat-tempat terpanas yang ada di pelosok dunia :

1. Libya, Al’Aziziyah 46 derajat celsius

5 Wilayah Terpanas Di Dunia Jarang Diketahui
5 Wilayah Terpanas Di Dunia Jarang Diketahui | allrefer

Diketahui bahwa negara Libya merupakan negara terpanas di dunia dari beberapa negara lainnya. Bahkan selama 10 tahun Libya memiliki gurun yang tidak pernah ada airnya. Bukan hanya itu, tempat lain yang diyakini memiliki suhu sangat panas adalah Al’Aziziyah, wilayah Libya.

Pada tahun 1922 silam tepatnya musim kemarau, suhu di Al’Aziziyah itu diklaim mencapai suhu tertinggi yaitu 58 derajat celsius yang diyakini menjadi wilayah terpanas yang ada di bumi.

Akan tetapi perlu diketahui bahwa pada tahun 2012, ternyata klaim tersebut dicabut lantaran tidak ada bukti peristiwa tersebut, meskipun begitu tetap saja kota Al’Aziziyah merupakan kota yang panas.

ARTIKEL TERKAIT •
Berbagai Jenis Penguin di Dunia

Rata-rata ketika musim kemarau tiba, kota Al’Aziziyah dapat mencapai suhu lebih dari 46 derajat celsius.

2. Libya, Ghadames 50 derajat celsius

5 Wilayah Terpanas Di Dunia Jarang Diketahui 1
5 Wilayah Terpanas Di Dunia Jarang Diketahui | flickr

Ternyata di Libya bukan hanya Al’Aziziyah saja, tempat yang memiliki suhu panas tertinggi berikutnya adalah Ghadames. kota ini berada di sekitar oasis, kota Ghadames memiliki rata-rata suhu mencapai 40 derajat celsius namun pada musim kemarau tiba, kota ini bisa mencapai suhu 50 derajat celsius.

Ghadames merupakan kota terpanas namun tidak menggoyahkan penduduk Libya akan suhu ekstrim di kota tersebut. Demi melindungi dari panas, para penduduk membangun tempat tinggal dari tanah yang unik

Faktanya salah satu kota Libya yaitu Ghadames menjadi salah satu warisan dunia atau bisa dibilang UNESCO dan memiliki sebuah julukan yang baru yaitu ‘Mutiara Gurun’

3. Amerika, Death Valley 56 derajat celsius

5 Wilayah Terpanas Di Dunia Jarang Diketahui 2
5 Wilayah Terpanas Di Dunia Jarang Diketahui | thoughtco

Selanjutnya bagian Amerika Serikat namun lebih tepatnya di California yang merupakan sebuah tempat yang terkenal dengan julukan ‘Death Valley’. Terlihat dari nama saja memang cukup bisa ditebak bahwa tempat tersebut cukup menakutkan.

ARTIKEL TERKAIT •
7 Fakta Menarik Planet Mars yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

perlu diketahui bahwa ‘Death Valley’ berada di gurun Mojave, California yang ternyata adalah tempat paling gersang dan sangat panas di negara Amerika Serikat. Faktanya suhu di ‘Death Valley’ adalah 46 celcius bahkan pada tahun 1913 suhu tertingginya ialah 56’7 derajat celsius

4. Tunisia, Kebili 55 derajat celsius

5 Wilayah Terpanas Di Dunia Jarang Diketahui 3
5 Wilayah Terpanas Di Dunia Jarang Diketahui | orangesmile

Selanjutnya ada di Tunisia, tepatnya Kebili, merupakan kota oasis, kota yang terkenal akan perkebunan kurmanya. Itulah faktor utama mengapa kurma tumbuh subur di kota Kebili yaitu bahwa kota Kebili memiliki suhu rata-rata 40 derajat celsius di musim panas.

Namun sesuai penjelasan tadi, bahwa suhu 40 derajat celsius merupakan suhu rata-rata pada saat musim panas, namun kota Kebili pernah memiliki suhu hingga 55 derajat celsius yang menjadikan suhu terpanas di kota tersebut, kebiasaan penduduknya ialah berteduh di bawah pepohonan palem.

5. Mali, Timbuktu 49 derajat celsius

5 Wilayah Terpanas Di Dunia Jarang Diketahui 4
5 Wilayah Terpanas Di Dunia Jarang Diketahui | mustseeplaces

Yang terakhir ialah dari negara Mali, yaitu Timbuktu, tempat ini berdekatan dengan gurun Sahara yang terkenal, kota tersebut dinobatkan menjadi salah satu kota terpanas di bumi

ARTIKEL TERKAIT •
Apa yang Terjadi Jika Seluruh Virus di Dunia Musnah?

Di Timbuktu pada musim dingin saja hanya mencapai suhu 30 derajat celsius yang sama dengan musim panas di negara Indonesia. Mengerikannya bahwa Timbuktu pernah mengalami suhu 49 derajat celcius pada musim panas.

Berikan Nilai Untuk Konten ini