10 Destinasi Wisata Yang Dapat Kamu Kunjungi Di Provinsi Sumatera Utara

in , , ,
Z

Sumatera Utara,,, Siapa sih yang gak kenal Sumatera Utara? Sumatra Utara adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian utara Pulau Sumatra. Provinsi ini beribu kota di Medan.

Provinsi ini dikenal terutama karena ada Danau Toba dan Pulau Samosir yang cantik itu

Danau Toba. Wikipedia

Sumatera Utara telah dikaruniai oleh tuhan dengan Pemandangan yang cantik, alam yang asri, dan penduduknya yang bersahabat. Ayo, luangkan waktu kalian untuk jalan-jalan ke Sumatera Utara!


Berikut 10 Destinasi Wisata Yang Dapat Kamu Kunjungi di Provinsi Sumatera Utara:

  • Wisata eksotis Bukit Lawang
Travelingyuk.com

Bukit Lawang adalah nama tempat wisata di Kecamatan Bohorok, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatra Utara yang terletak 68 km sebelah barat laut Kota Binjai dan sekitar 80 km di sebelah barat laut kota Medan.

Bukit Lawang termasuk dalam lingkup Taman Nasional Gunung Leuser yang merupakan daerah konservasi terhadap mawas orang utan. SC

  • Masjid Raya Al Mashun / Masjid Raya Medan
KSMTour.com

Masjid Raya Medan atau Masjid Raya Al Mashun merupakan sebuah masjid yang terletak di Medan, Indonesia. Masjid ini dibangun pada tahun 1906 dan selesai pada tahun 1909. Pada awal pendiriannya, masjid ini menyatu dengan kompleks istana. Gaya arsitekturnya khas Timur Tengah, India dan Spanyol.

Masjid ini berbentuk segi delapan dan memiliki sayap di bagian selatan, timur, utara dan barat. Masjid Raya Medan ini merupakan saksi sejarah kehebatan Suku Melayu sang pemilik dari Kesultanan Deli (Kota Medan). SC

  • Dataran Tinggi Berastagi
BACA

Berastagi dikenal akan jeruknya yang dikenal manis, namanya Jeruk Berastagi. Lokasinya sangat indah dan asri, sejuk pula, karena berlokasi di kaki dua gunung besar, yaitu Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung.

Berastagi ini menjadi sentra penghasil tanaman dan buah-buahan seperti jeruk, sayur dan kopi yang enak lho.

  • Danau Toba dan Pulau Samosir
Marketeers

Jalan-jalan ke Sumatera Utara belumlah lengkap rasanya jika belum mengunjungi Danau Toba dan Pulau Samosir.

Danau ini mempunyai ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer sehingga danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, karena hal inilah danau ini sudah terkenal hingga ke mancanegara.

Selain hal tersebut danau ini terkenal akan keindahan yang dimilikinya sehingga sampai saat ini banyak wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba maupun ke Pulau Samosir. SC

  • Istana Maimun
Wikipedia

Istana Maimun adalah istana Kesultanan Deli yang merupakan salah satu ikon kota Medan, Sumatera Utara, terletak di Jalan Brigadir Jenderal Katamso, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun.

Didesain oleh arsitek Italia dan dibangun oleh Sultan Deli, Sultan Mahmud Al Rasyid. Pembangunan istana ini dimulai dari 26 Agustus 1888 dan selesai pada 18 Mei 1891. Istana Maimun memiliki luas sebesar 2.772 m2 dan 30 ruangan.

Istana Maimun terdiri dari 2 lantai dan memiliki 3 bagian yaitu bangunan induk, bangunan sayap kiri dan bangunan sayap kanan. Bangunan istana ini menghadap ke utara dan pada sisi depan terdapat bangunan Masjid Al-Mashun atau yang lebih dikenal dengan sebutan Masjid Raya Medan. SC

  • Lompat Batu (Fahombo)
Adira Finance

Fahombo, Hombo Batu atau dalam bahasa Indonesia “Lompat Batu” adalah olahraga tradisional Suku Nias. Olahraga yang sebelumnya merupakan ritual pendewasaan Suku Nias ini banyak dilakukan di Pulau Nias dan menjadi objek wisata tradisional unik yang teraneh hingga ke seluruh dunia.

Mereka harus melompati susunan bangunan batu setinggi 2 meter dengan ketebalan 40 cm. SC

  • Gunung Sibayak
Satya Winnie

Gunung Sibayak adalah sebuah gunung di Kabupaten Karo, Sumatra Utara. Orang suku Karo menyebut gunung Sibayak dengan sebutuan “gunung Raja”. Gunung Sibayak merupakan gunung berapi dan meletus terakhir tahun 1881. Gunung ini berada di sekitar 50 kilometer barat daya Kota Medan. SC

  • Graha Bunda Maria Annai Velangkanni
Trover

Graha Maria Annai Velangkanni adalah gereja Katolik bergaya India-Mughal yang dibuka pada tahun 2005 di kota Medan, Indonesia.

Gereja ini dipersembahkan untuk Bunda Velangkanni Bunda Penyembuh. Konon Bunda Maria pernah muncul pada abad ke-17 di Kota Velankanni, Tamil Nadu, India, sehingga muncullah gelar Bunda Velangkanni Bunda Penyembuh. SC

  • Gunung Sibuatan, Puncak Tertinggi di Sumatera Utara
Blog Traveloka

Gunung Sibuatan berada di Kabupaten Karo, dan masuk ke dalam empat kecamatan yaitu Kecamatan Merek, Tiga Panah, Munte, dan Juhar. Gunung tertinggi yang ada di Sumatera Utara ini dipenuhi oleh pohon-pohon berakar besar, yang namanya Hutan Lumut. Hutan ini menjadi rumah bagi flora langka nan indah.

Persiapkan diri kalian dengan baik ya jika ingin mendaki gunung ini, karena untuk menuju ke Gunung Sibuatan hanya ada terdapat satu jalur. Jalurnya pun cukup terjal karena dipenuhi dengan akar-akar pohon dan juga jalanan yang sempit, sehingga para pendaki harus lebih berhati-hati dan menggunakan alas kaki yang aman. SC

  • Air Terjun dan Telaga Dua Warna Sibolangit
ranselkecil

Air Terjun Dua Warna terletak di Kecamatan Sibolangit, Sumatera Utara. Airnya berasal dari Gunung Sibayak. Ketinggian Air Terjun Dua Warna berada pada 1270 meter dpl. Kenapa dikatakan Air Terjun Dua Warna? Jawabannya adalah karena air terjun indah ini memang memiliki dua gradasi warna yang berbeda.

Air yang tertampung dari pancurannya di bawah berwarna putih keabu-abuan sementara air terjun yang tumpah riuh dari atas berwarna biru muda. Anda akan semakin terkagum-kagum sebab di lokasi Air terjun Dua Warna, tidak hanya terdapat satu air terjun saja, melainkan ada tiga, lho! SC


Sumatera Utara punya puluhan bahkan ratusan tempat wisata cantik lainnya, luangkan waktu anda dengan berkunjung ke Sumatera Utara untuk bersantai dan bersenang-senang!

0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Balasan