Alasan Indonesia Belum Menjadi Negara Maju Sampai Sekarang

Indonesia Jakarta

Alasan Indonesia Belum Menjadi Negara Maju Sampai Sekarang – Pernahkah kamu bertanya, mengapa sampai sekarang Indonesia belum juga menjadi negara maju? Padahal indonesia adalah negara yang memiliki banyak sumber daya alam dan sumber daya manusia. Jika sumber daya ini dapat di kelolah dengan baik maka bisa saja Indonesia menjadi negara yang maju dan makmur.

Melihat dari sumber daya alam yang banyak salah satu hal yang paling berpengaruh adalah sumber daya manusianya. Mengapa demikian? Karena Identitas suatu negara yang paling dinilai adalah manusianya. Jika orang – orang dalam negara itu cerdas dan pintar maka negara itu pun akan menjadi maju dan makmur.

Berikut ini hal yang menjadi penyebab Indonesia tidak menjadi negara maju sampai sekarang.

1. Pejabat yang Korupsi

Di Indonesia istilah korupsi sendiri sudah tidak asing lagi, pasalanya berita soal korupsi setiap hari menjadi tontonan di televisi. Hal inilah yang menjadi alasan negara Indonesia tidak maju.

Sistem kerja pemerintah yang tidak profesional dan tidak jujur dapat mempengaruhi negara tersebut. Dilihat dari banyaknya kasus korupsi yang terjadi di Indonesia.

2. Sistem Pendidikan

Sistem pendidikan di Indonesia menurut saya belum tepat sasaran, pasalnya siswa / siswi di paksa untuk memiliki nilai yang tinggi dalam semua mata pelajaran. Padahal tidak semua siswa / siswi suka Matematika dan tidak semua siswa /  siswi suka Bahasa Indonesia.  Hal inilah yang membuat  siswa / siswi merasa terbebani, belum lagi soal pekerjaan rumah (PR).

Siswa / siswi akan di hukum jika tidak bisa menghitung berapa kecepatan jatuh sebuah benda jika benda tersebut jatuh dari ketinggian 5-10 m. Padahal hal itu tidak ada kaitannya dengan dunia nyata dan dunia kerja kelak jika siswa / siswi sudah bekerja. Seperti inilah mungkin gambarannya.

3. Masyarakat yang Kurang Cerdas dan Mudah Terprovokasi

Masyarakat Indonesia sangat mudah sekali terprovokasi dan tidak cerdas dalam menerima informasi. Banyaknya hoax yang mudah menyebar dan membuat perpecahan dalam bermasyarakat adalah salah satu penyebab Indonesia tidak maju.

Hoax sendiri adalah berita palsu yang di buat oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, dapat membuat perpecahan. Masyarakat yang tidak cerdas dalam menerima informasi akan sangat mudah termakan berita hoax dan sangat mudah di bodohi.

4. Masyarakat yang Bar – Bar dan Fanatik

Terlalu bar – bar sehingga tidak bisa mengandalkan akal sehat, hal inilah yang tengah terjadi di Indonesia. Banyak masyarakat yang terlalu fanatik sehingga menjadi bar – bar dan sangat brutal. Memiliki pola pikir bahwa dengan cara kekerasan maka masalah akan selesai.

Masyarakat tipe seperti ini tidak bisa membuat suatu negara menjadi maju, karena terlalu bodoh dalam berfikir. Memiliki pola pikir yang pendek, tidak cerdas, dan tidak bijaksana dalam menghadapi masalah dan mengambil keputusan. Indonesia tidak akan pernah maju jika banyak masyarakatnya yang seperti ini.

5. Masyarakat yang Hobi Nyinyir

Hal ini benar terjadinya, orang Indonesia memang memiliki hobi yang suka nyinyi di dunia nyata maupun di dunia maya.  Melihat hal aneh dan tidak biasa saja, pasti orang – orang Indonesia ramai membicarakannya dan menganggapnya buruk dan tidak benar.  Hal ini menjadi satu alasan mengapa Indonesia tidak maju sampai sekarang.

Hal yang terpenting dari suatu negara adalah Sumber Daya Manusianya, jika manusianya buruk maka negara itupun akan di cap buruk dan sulit maju. Jika manusianya cerdas dan pintar maka cepat atau lambat negara itupun akan menjadi negara maju dan makmur.

Maka dari itu sebagai warga negara Indonesia yang baik marilah kita membuka pikiran dan juga mengubah sikap yang primitif dan bodoh ini. Indonesia itu sangat luas penuh dengan sumber daya alam namun jika manusianya belum bisa menjadi cerdas, pintar, dan berpemikiran yang maju. Maka sama saja tidak ada gunanya.

Sumber : pintuwawasan.com

Artikel ini Dibuat oleh Komunitas Bebaspedia. Segala sesuatu yang berhubungan dengan tulisan diatas sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis. Ingin bergabung dalam komunitas Ensiklopedia Bebas? Buat Artikelmu! Klik Disini!

0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Balasan

Expert

Muhammad Syarif

Seorang blogger yang tidak pernah lelah menulis untuk memberikan ilmu dan wawasan kepada semua orang.