Asal – Usul Singa Sebagai Lambang Negara di Eropa. Kira – Kira Kenapa Ya?

in
IMG 20190323 184222

Diketahui coat of arms (lambang negara) beberapa negara Eropa memakai singa sebagai lambangnya, contohnya inggris dan belanda.Nah kenapa mereka pakai lambang hewan yang notabene tidak ada di negara mereka sendiri?Misalnya inggris sudah pakai lambang singa sejak abad 12, padahal pada saat itu tidak ada singa asli di inggris.

Mereka tau singa darimana? Kan penjelajahan inggris ke seluruh dunia terutama afrika baru dimulai abad 16, begitu juga dengan Belanda yang secara geografis berada di tanah datar reklamasi Eropa barat, sangat tidak memungkinkan terdapat singa asli disitu.Oke oke, Bakal saya bahas seringkas mungkin.

Singa yg kita kenal sekarang (panthera leo) memang “hanya” hidup di Afrika (dan sebagian Asia) tapi ada singa yang hidup di Eropa. Dia bernama Panthera leo spelaea. Meskipun disebut singa tapi panthera leo spelaea tidak memiliki surai seperti singa Afrika (panthera leo).

Singa gua Eropa atau biasa disebut panthera leo spelaea adalah singa gua Eropa yang punah sekitar 13.300 tahun yang lalu. Pertama kali muncul di eurasia sekitar 700.000 tahun yang lalu lalu menyebar ke seluruh asia. Di Eurasia, ia punah antara 14.900 dan 14.100 tahun yang lalu, dan bertahan di Beringia hingga 13.800 hingga 13.300 tahun yang lalu ketika gletser Weichselian surut.

Tapi kalau kita melihat lambang negara yg memakai singa dengan Surai, kita bisa melihat lebih jauh, sekitar 30.000 tahun yang lalu ketika homo Sapiens yang bermigrasi dari Afrika ke Eropa membuat patung manusia berkepala singa berbahan dasar dari gading mammoth.

Patung manusia berkepala singa yang ditemukan di Jerman adalah bukti manusia Eropa telah mengenal lebih dulu singa (panthera leo) ketimbang singa gua eropa (panthera leo spelaea).

Artikel ini Dibuat oleh Komunitas Bebaspedia. Segala sesuatu yang berhubungan dengan tulisan diatas sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis. Ingin bergabung dalam komunitas Ensiklopedia Bebas? Buat Artikelmu! Klik Disini!

0/5 (0 Reviews)