7 Fakta Menarik Planet Mars yang Mungkin belum kamu ketahui

in

Planet Merah atau yang sering dikenal dengan Planet Mars memang menyimpan banyak misteri. Rumornya, planet tersebut bisa ditinggali oleh manusia seperti halnya di bumi. Apakah memang benar begitu? Menginggat banyak sekali fenomena aneh yang terekam yang terjadi di sana. Terlebih lagi, kita belum tahu, ada hal mengerikan apakah yang ada di sana.

Nah, berbicara mengenal hal itu, kali ini kami akan memberikan kalian informasi tentang fakta Planet Mars tersebut. Banyak sekali fakta menarik nan mengerikan yang mungkin belum ada ketahui sebelumnya. Nah, setelah mengetahui fakta-fakta di bawah ini, apakah kalian masih mau tinggal disana? Berikut ini 7 Fakta Menarik dan Mengerikan Planet Mars! Cek di bawah ini.

Memiliki 2 Bulan, 7 Fakta Menarik dan Mengerikan Planet Mars, Yakin Masih Mau Tinggal Disana?


1. Gunung Tertinggi di Tata Surya

Tahukah kalian, ternyata gunung tertinggi di Tata Surya ada di Mars. Gunung berapi tersebut bernama Olympus Mons. Gunung berapi ini memiliki luas 600 km, dengan tinggi sekitar 21 km. Olympus Mons diyakini telah terbentuk selama miliaran tahun dan memiliki begitu banyak lava vulkanik yang masih aktif.


2. Lembah terbesar di Tata Surya

Tidak hanya memiliki gunung tertinggi. Tetapi Mars juga memiliki lembah terbesar di Tata Surya. Lembah ini bernama Valles Marineris yang memiliki panjang lebih dari 4.000 km, lebar 200 km, dan kedalaman lebih dari 7 km. Valles Marineris hampir lima kali lebih dalam, sekitar empat kali lebih panjang dan 20 kali lebih lebar dari Grand Canyon.


3. Mendarat di Mars bukan hal yang mudah

Tahukah kalian, ternyata belum ada satupun manusia yang dikirim oleh NASA ke Mars. Hal ini cukup logis mengingat tingkat kesuksesan misi yang sangat rendah. Dari banyaknya misi mengirimkan roket ke Mars, hanya 17 misi yang sukses.

Dan 24 misi lainnya gagal, terdapat 2 misi yang sukses mengorbit ke Mars, namun gagal mendaratkan komponennya. Terlepas dari kegagalan tersebut, misi ambisius untuk mendatarkan manusia di Mars pada tahun 2025 masih terus dilanjutkan.


4. Dapat membunuh Astronot

Ternyata membuka helm pelindung bagi seorang astronot di Mars bukanlah ide yang baik. Ini karena Mars dipenuhi oleh CO2 yang membuatnya memiliki atmosfer 61 kali lebih rendah dari Bumi. Selain itu, Mars juga memilik suhu yang ekstrem yang berada pada kisaran -63C.


5. Memiliki sumber air

Pada tahun ini, tepatnya 2018. Para ilmuwan berhasil menemukan sumber air di Mars. Hal ini terungkap setelah ilmuwan menyakini ada sebuah danau yang berada dibawah lapisan es kutup selatan planet.

Sebelumnya, para ilmuwan telah menemukan bukti tanda-tanda adanya air di Mars, namun ini merupakan pertama kalinya mereka menemukan titik sumber air berada.


6. Badai debu tersebar di Tata Surya

Tidak hanya memiliki gunung tertinggi dan lembah terbesar. Ternyata Planet ini juga memiliki bagai debu terbesar di Tata Surya.  Jika badai debu terjadi, hal tersebut dapat mengakibatkan seluruh permukaan Mars tertutup hingga berbulan-bulan.

Alasan dibalik ganasnya badai debu di Mars adalah musim ekstrim yang terletak dalam orbit berbentuk oval di sekeliling Matahari lebih panjang dari pada kebanyakan planet lainnya di tata surya.


7. Memiliki 2 Bulan!

Seperti bumi, ternyata Mars juga memiliki bulan lho. Tetapi, disana bukan hanya satu bulan saja, tetapi dua. Nama bulan tersebut adalah Phobos dan Deimos. Penelitian lebih lanjut tentang kedua bulan dari Mars ini diadakan pada 1971, melalu NASA Mariner 9 yang menjadikannya sebagai pesawat luar angkasa pertama yang mengorbit Mars. Masih mau tinggal di Mars? Beri tanggapan kalian di bawah ya.

Sumber: Dafunda Gokil

Tinggalkan Balasan