Diskusi, Suatu Cara untuk Memecahkan Sebuah Masalah

in
Diskusi

“Setiap hari manusia dihadapkan pada masalah-masalah yang memaksa mereka berpikir.” Mungkin seperti itu yang dikataan seorang filsuf. Manusia akan terus berpikir dengan terus datangnya berbagai masalah. Salah satu sarana berpikir yang terasa nikmat adalah sebuah diskusi.

Mengutip dari KBBI diskusi adalah “pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah.” Dalam pelaksaannya diskusi haruslah mempunyai tujuan dasar diskusi, yaitu sebagai wadah untuk memecahkan suatu masalah dengan mencari titik terang dari kedua belah pihak, dan sebagai tempat untuk menghargai berbagai pendapat. Itu sedikit menurutku diskusi yang membangun.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam diskusi tentu harus mengacu kembali pada tujuan diskusi, untuk memecahkan masalah.

Pertama, peserta diskusi harus dapat mencerna agrumen lawannya, dan para peserta harus memberikan argumen-argumen ilmiah, karena pada dasarnya diskusi adalah sesuatu yang ilmiah. Sangat tidak dianjurkan seorang peserta diskusi menggunakan logika sesat.

Kedua, jika peserta diskusi tidak dapat memcerna argumen dari lawan. Haruslah meminta pencerahan sebegai klarifikasi informasi.

Dalam grup facebook seperti di Enskilopedia Bebas contohnya, banyak sekali orang yang ingin beradu argumen. Namun, mereka yang kalah malah melakukan bodyshiming dan melontarkan kata-kata yang keluar dari topik dan kasar. Jika kita bertemu dengan pengguna seperti itu, hal yang dapat kita lakukan adalah cukup mengakhiri adu argumen itu.

Diskusi sangatlah bermanfaat jika dilakukan dengan sehat. Selain dapat memecahkan masalah dengan mudah dan tidak berbelit, kamu juga bisa mendapat teman yang asik sebagai bonus diskusi yang sehat.

(Uzi)

Tinggalkan Balasan