Mengapa Obat Praktik Pengobatan dari China Dianggap Mujarab?

in
A1acc9ef801b3514a0e461a551d5688c T

Pernahkah kalian melihat atau mendengar iklan obat dipelbagai media (baik TV, radio, surat kabar, maupun media lainnya) kebanyakan produk yang berasal dari dari Tiongkok?

Kita mungkin pernah memikirkan tentang ini, dan tentunya ada alasan mengapa hal ini bisa terjadi.

240614 Meme Tongfang

Negara Tiongkok sangat terkenal dengan produk dan praktik pengobatannya. Hingga sekarang banyak orang yang masih memilih untuk menggunakan obat-obat dari Tiongkok untuk penyembuhan segala penyakit.

Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali gerai atau klinik pengobatan Tiongkok yang masih bisa kita temukan. Misanya klinik pengobatan Tong Fang yang juga banyak dikenal orang.


Ada beberapa praktik pengobatan dari Tiongkok yang sampai sekarang masih digandrungi oleh masyarakat, diantaranya:

1. Praktik Akupuntur.

Siapa yang tidak tahu akupuntur? Mungkin hampir semua dari kita tahu praktik akupuntur ini. Ternyata akupuntur terkenal dengan berbagai manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Praktik akupuntur adalah teknik kesehatan holistik yang berasal dari praktek Pengobatan Tradisional Tiongkok, yang dilakukan oleh ahli tusuk jarum dengan merangsang titik-titik tertentu pada tubuh dengan memasukkan jarum tipis ke dalam kulit.

2. Praktik Bekam

Nah, mungkin banyak dari kita yang tidak tahu jika bekam berasal dari China atau Tiongkok. Jangan salah bekam disini bukan Bekam pesepak bola ya!

Tetapi, praktik bekam adalah metode pengobatan dengan cara mengeluarkan darah statis yang mengandung toksin dari dalam tubuh manusia. Berbekam dengan cara melakukan pemvakuman di kulit dan pengeluaran darah darinya.

3. Moksibusi

Moksibusi? Apa itu? Buat kita orang Indonesia yang bukan etnis Tionghoa pasti asing dengan nama itu. Mungkin juga ada yang berpikiran jika kata moksibusi berasal dari jepang.

Tetapi ternyata kurang tepat! moksibusi berasal dari kata moxi yang merupakan tanaman obat.

Praktek Moksibusi adalah cara pengobatan dengan menggunakan tanaman obat yang bernama moxa, atau mugwort.

Cara pengobatan ini memegang peranan penting dalam sistem pengobatan tradisional Tiongkok, Jepang, Korea, Vietnam, Tibet dan Mongolia.

Jadi, sekarang kalian tahukan apa itu moksibusi.

4. Gua Sha

Apa lagi itu? Ternyata praktik Gua Sha ini juga sangat terkenal.

Gua Sha adalah teknik di mana kulit ditekan atau digesek dengan objek untuk membuat “sha,” sebuah ‘petechiae’ sementara (warna merah/keunguan mirip dengan memar) yang berasal dari pergerakan sel darah dari kapiler ke jaringan di sekitarnya.

Mungkin kalau di Indonesia kita sering menyebutnya kerokan.

5. Auriculotherapy

Auriculotherapy adalah bentuk pengobatan alternatif berdasarkan gagasan bahwa telinga adalah sistem mikro, yang mencerminkan seluruh tubuh, yang direpresentasikan pada daun telinga, bagian luar telinga.

Teknik auriculotherapy ini walaupun penyebutannya agak suliy, ternyata sangat bermanfaat bagi penderita berbagai penyakit terkhusus bagi ibu-ibu yang sedang hamil.

6. Qi Gong

Jangan sampai salah sebut ya, Qi gong buka Ji gong!

Qi gong ini adalah teknik yang sangat berbeda dari teknik pengobatan sebelumnya. Qi gong adalah sistem kuno dari tiongkok yang bermanfaat untuk menjaga atau meningkatkan kondisi kesehatan dengan cara mengintegrasikan sikap tubuh, teknik pernafasan dan pemfokusan pikiran.

Qi gong terdiri atas dua kata yaitu qi yang berarti tenaga kehidupan atau energi vital yang mengalir pada seluruh benda di bumi dan gong yang berarti pencapaian atau keterampilan yang diperoleh melalui latihan secara terus menerus.

Berdasarkan kaidah kesehatan, qigong dapat diartikan sebagai aktivitas untuk menyerap energi alam agar kesehatan meningkat.


Itulah beberapa praktik atau teknik pengobatan dari Tiongkok yang terkenal bukan hanya di Indonesia tetapi di dunia. Selain praktik pengobatan, obat-obatan dari Tiongkok juga tidak kalah terkenal.

Banyak obat dari Tiongkok yang terbukti manjur karena manfaatnya untuk pengobatan penyakit. Seperti hai piao xiao atau tulang sotong untuk penyembuhan asam lambung dan masih banyak yang lainnya.

Akan tetapi, walaupun terbukti manjur kita juga harus selalu berhati-hati memilih obat-obatan dari Tiongkok, soalnya banyak dari kita yang tidak tahu tulisan Tiongkok. Jadi saya sarankan untuk tranlate di google sebelum membeli produk dari Tiongkok.

Kemudian, kita juga harus berhati-hati dengan penipuan dari obat atau praktik dari china. Sebagai masyarakat yang smart sebaiknya kita bisa memilih dan mengetahui mana produk dan tempat praktek yang memang sudah terbukti manjur untuk pengobatan. Selain itu, pilihlah yang sudah disarankan dokter dan tersertifikasi halal.

Sekian info dari saya. Ternyata obat dan praktik pengobatan dari china itu punya manfaat yang besar bagi kita. Tetapi, jangan salah pilih. Semoga bisa bermanfaat buat kita semua.


Sumber gambar: Google

Sumber:

  • hellosehat.com
  • Wikipedia
  • https://www-idntimes-com.cdn.ampproject.org/v/s/
  • www.idntimes.com/health/fitness/amp/ribka-eleazar/kumpulan-praktik-pengobatan-tradisional-china-yang-ampuh?
  • www.google.com&_tf=Dari%20%251%24s&share=https%3A%2F%2Fwww.idntimes.com%2Fhealth%2Ffitness%2Fribka-eleazar%2Fkumpulan-praktik-pengobatan-tradisional-china-yang-ampuh

Artikel ini Dibuat oleh Komunitas Bebaspedia. Segala sesuatu yang berhubungan dengan tulisan diatas sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis. Ingin bergabung dalam komunitas Ensiklopedia Bebas? Buat Artikelmu! Klik Disini!

Bagikan Jika Kamu Suka