Mengenal Bunga yang Ditakuti Iblis Dalam Anime Kimetsu no Yaiba, Wisteria

in , ,
0f24b1b1e175a47b35ca149a88d82b4b
Credit Image: Pinterest

Pasti tau dong dengan anime yang booming kemarin. Yep. Kimestu no Yaiba. Anime yang mempunyai alur cerita yang epik dengan grafik yang ciamik ini membikin aku penasaran dengan salah satu ciri khasnya, yaitu Bunga Wisteria. Bunga yang dalam cerita tidak disukai sama iblis-iblis di KnY itu. 

Memiliki nama lain bunga Fuji

Wisteria adalah tanaman berbunga dalam keluarga kacang-kacangan. Wisteria umumnya tumbuh di daratan Cina, Jepang, Korea, dan Amerika. Wisteria terkenal karena keindahannya, dan banyak dijadikan tanaman hias. Wisteria salah satu pohon merambat, bisa tumbuh sampai 20-30 meter. Di Jepang bunga ini dikenal dengan sebutan bunga Fuji. 

Kapan Waktu Terbaik Melihat Bunga Wisteria Di Jepang TInyDoXsjc
Source Image

Bunga Terindah Sesudah Sakura

Tidak bisa disangkal, bunga berjuntai-juntai seperti pohon-pohon dalam film avatar ini begitu mengagumkan. Maka tak heran, bunga wisteria ini menjadi bunga terindah ke dua di Jepang setelah sakura, begitu juga dengan masa mekarnya.

Jika bunga sakura mekar hanya dalam waktu seminggu, si wisteria ini mampu bertahan selama satu bulan. Dalam cerita KnY memang bunga ini divisualkan sangat cantik dengan berbagai warna, seperti ungu, putih, merah.

Dengan penataan dan bunganya yang menjuntai serta saat gugur, menambah kesan ketenangan bagi yang melihatnya. 

Selain cantik, bunga wisteria juga salah satu bunga yang mempuyai kedudukan istimewa di Jepang. Menurut laporan Bored Panda, wisteria merupakan salah satu pohon berbunga paling tua yang tercatat dalam sejarah Jepang.

Bunga indah ini dijabarkan dalam puisi kuno dari kumpulan puisi Man’yoshu yang berarti ‘koleksi sepuluh ribu tahun’. Indah dan penuh dengan sejarah? Sungguh perpaduan yang mengagumkan! Di taman Ashikaga terdapat pohon wisteri raksasa berumur 150 tahun. 

Bunga yang Beracun

Shinobu Kocho Kimetsu No Yaiba 548246c4b3309e5f456d87e81dc40a66
Source Image

Kita pasti ingat Shinobo Kocho, si pilar serangga. Dia memburu iblis dengan racun wisteria karena tidak bisa memenggal. Nyatanya memang benar, wisteria ini beracun. Racun wisteria ini biasa disebut ‘wisterin’, yang jika tertelan akan mengakibatkan mual, muntah, diare, hingga mengalami pingsan. 

Meski bunga wisteria ini hidup di dunia empat musim, tapi wilayah Indonesia pun seakan cocok dan sudah banyak yang menanamnya untuk memperindah rumah. Namun bukan tanpa hambatan, bunga wisteria ini akan sangat untuk bisa dinikmati. Wisteria hanya berbunga saat telah mencapai usia dewasa, sekitar 15-20 tahunan.

Penulis: Uzi
Editor: Yogi Arfan