Mengenal Narwhal, Paus bertanduk dari lautan utara, Unicorn dari lautan?

in ,
Medium WW248926

Kalian tau Unicorn? kuda bertanduk dari mitologi Skandinavia? Ternyata hewan bertanduk satu seperti Unicorn ada loh di dunia nyata, namanya Narwhal, yaitu ikan paus bergigi ukuran sedang yang memiliki “gading” besar dari gigi taring yang menonjol.

Unicorn PSF
Ilustrasi Unicorn

Berada di utara bumi

Kalian dapat menemukan paus unik ini di perairan utara bumi, tepatnya di perairan arktik sekitaran Greenland, Kanada dan Rusia.

Narwhal merupakan salah satu spesies dari keluarga Monodontidae, paus ini berkerabat dengan paus Beluga.

Narwhal jantan dan betina dapat dibedakan dari adanya gading/tanduk di kepalanya (hanya jantan yang memiliki gading/tanduk). Paus ini adalah salah satu dari banyak spesies yang dijelaskan oleh Carl Linnaeus dalam publikasi Systema Naturae pada 1758.

Z
Lancaster Sound, Nunavut, Canada.

Gading/tanduk yang misterius

Para ilmuwan masih belum tahu kenapa Narwhal memiliki gading/tanduk ini, mereka beranggapan fungsi dari gading/tanduk ini untuk menarik perhatian betina ataupun untuk bertarung sesama jantan.

Gading/tanduk ini menonjol dari kepalanya, dan dapat tumbuh sampai panjang 10 kaki.

Narwhal (Monodon Monoceros) Four Males Pass Along In The Open Water Of Lancaster Sound In Early June, Baffin Island, Nunavut, Canada
Narwhal (Monodon monoceros) four males pass along in the open water of Lancaster Sound in early June, Baffin Island, Nunavut, Canada
Sc: NatGeo Kids

Gading/tanduk ini juga dilengkapi oleh sensor dan sistem syaraf serta dipenuhi oleh lubang-lubang kecil yang memungkinkan masuknya air laut.

Hal ini memungkinkan Narwhal mendeteksi perubahan pada habitatnya, seperti perubahan suhu atau perubahan tingkat keasinan air laut. Kemampuan ini dapat membantu Narwhal mencari mangsa dan bertahan hidup dengan lebih baik.

Unicorn dari dunia nyata

Karena habitatnya yang berada di lautan arktik, membuat kehidupan Narwhal sulit untuk diteliti, dan masih banyak yang ilmuwan harus pelajari dari paus ini.

Zzzz

Sumber: National Geographic

5/5 (2 Reviews)

Tinggalkan Balasan