Sekilas Mirip, Ini Perbedaan Ikan Piranha dan Bawal

in
Piranha Dan Bawal
Piranha Dan Bawal | Credit Image: Hewanpedia

Kalian tentu sudah tidak asing dengan ikan piranha karena ikan ini begitu populer di chanel-chanel seperti National Geographic, BBC. Selain itu, ikan ini pun dikenal dengan keganasannya saat mencabik-cabik mangsa.

Namun sebenarnya ikan piranha sendiri merupakan ikan yang bersahabat dan sudah banyak dipelihara oleh orang. Ikan piranha memiliki kembaran yaitu ikan bawal. Pasti kalian tahu ikan bawal itu seperti apa.

Yup ikan yang biasanya dibudidaya dan kerap menjadi menu di warung lalapan ini jika dilihat sekilas ada sedikit persamaan ikan bawal dan piranha.

Tapi kalau dicermati dengan seksama, kalian akan menemukan banyak perbedaan antara bawal dan piranha. Setidaknya ada 4 perbedaan mendasar yang menonjol di antara keduanya.

1. Bentuk Fisik

Perbedaan Bentuk Rahang Ikan Piranha Dan Bawal
Perbedaan Bentuk Rahang Ikan Piranha Dan Bawal | Kepri fishing

Bagian fisik merupakan perbedaan pertama yang terdapat pada piranha dan bawal. Khususnya di bagian rahang, warna tubuh dan ekor. Pada ikan piranha, rahang bagian bawah terlihat lebih besar dan panjang dibandingkan dengan rahang yang atas.

Berbeda dengan ikan bawal, rahang bagian bawahnya kecil dan berukuran sama dengan rahang bagian atas. Selain itu, warna tubuh mereka juga berbeda. Ikan piranha memiliki warna tubuh merah silver dengan corak bintik-bintik, sedangkan warna tubuh bawal terlihat agak gelap dengan spot yang samar-samar.

Lalu pada ekor, ekor piranha memiliki dua garis hitam di abgian depan dan pangkal. Sementara pada ekor ikan bawal hanya memiliki satu garis hitam di pangkal.

2. Ukuran

Perbedaan yang kedua, terletak pada ukuran. Biasanya ukuran ikan bawal lebih besar dibandingkan ikan piranha ketika mereka dewasa. Ukuran ikan bawal dapat mencapai 108 cm dengan berat 40 kg sedangkan ikan piranha mencapai 50 cm dengan berat 3,9 kg.

3. Struktur Gigi

Baik ikan piranha dan ikan bawal sama-sama memiliki gigi yang kuat. Bahkan saking kuatnya, gigi ikan bawal mampu mengigit tali pancing. Namun, gigi piranha lebih tajam dan lancip dibandingkan bawal.

Oleh karena itu ikan piranha mampu mengoyak daging.

4. Makanan

Perbedaan yang terakhir terletak pada makanan mereka. Ikan bawal meskipun karnivora namun mereka bersifat omnivora karena mereka juga makan tumbuhan selain makan daging.

Sedangkan ikan piranha termasuk karnivora murni yang hanya makan daging saja. Mereka dikenal ganas saat menyerbu mangsa mereka.

Referensi: mancingmania.com