Ternyata King Kobra Bukan Jenis Kobra, Ini Perbedaannya!

in
Credit Picture: bobo.grid.id

Meskipun secara genetik ular kobra yang disebut sebagai ular kobra “asli” merupakan ular dari genus Naja, para ilmuwan masih memperdebatkan jenis ular seperti apa yang disebut ular kobra.

Spesies ular kobra beragam mulai dari 28 hingga 270 spesies, hal itu pun masih tergantung dari definisi ular kobra itu. Nah, jika ular kobra merupakan genus Naja, ular king kobra berasal dari genus Ophiophagus.

Menurut Sara Viernum, seorang ahli herpetologi, nama ular kobra umumnya digunakan untuk menggambarkan sebagian besar spesies ular dari keluarga Elipidae. Elipidae merupakan keluarga ular tedung.

King Kobra Tidak Termasuk Jenis Kobra “Asli”

Ular king kobra memiliki nama latin Ophiophagus hannah, dan merupakan satu-satunya spesies dalam genus Ophiophagus. Genus ini berbeda dengan genus Naja, king kobra cenderung memangsa jenis ular lain sebagai makanannya, bahkan mereka menyerang ular dengan ukuran yang lebih besar dari mereka.

King cobra memiliki tanda oksipital di belakang kepalanya. Tanda ini hanya dimiliki oleh jenis ular ini. Artinya ular lain termasuk ular kobra tidak memiliki tanda ini. Selain itu, king kobra memiliki bagian kepala yang lebih besar dan tudung yang sempit dibandingkan dengan milik ular kobra.

King Kobra Lebih Mematikan Dibandingkan Ular Kobra

Baik king kobra dan ular kobra sama-sama dari keluarga Elapidae meskipun genus mereka berbeda. Jenis ular dari keluarga ini memiliki bisa, dan cenderung mampu mengembangkan lehernya, termasuk king kobra dan ular kobra.

Bisa ular kobra meskipun mematikan, namun tidak lebih mematikan dibandingkan bisa king kobra. Hal ini karena volume racun yang dikeluarkan, yaitu satu gigitan king kobra mampu menghasilkan 500 gram racun.

King kobra lebih pemalu dan cenderung menghindari interaksi dengan manusia, kasus gigitan ular king kobra lebih jarang terjadi dibandingkan dengan kasus gigitan ular kobra terhadap manusia.

Selain itu, ukuran king kobra bisa mencapai 5,5 meter. Hal ini menjadikan king kobra sebagai ular berbisa terpanjang di dunia.

Avatar

Written by Yogi Arfan