Tujuan Kucing Menjulurkan Lidahnya

in
Credit Image: IDN Times

Biasanya, anjing akan menjulurkan lidahnya saat sedang kepanasan atau setelah berlari-larian. Berbeda dengan anjing, meskipun kucing merupakan hewan yang aktif dan suka berlari-larian, ia tidak selalu menjulurkan lidahnya, malah justru sangat jarang terjadi.

Kebiasaan menjulurkan lidah antara kucing dan anjing disebabkan oleh tujuan yang berbeda. Berikut ulasannya!

Anjing mengatur suhu tubuh

Funny Animals Sticking Tongues 65
Anjing menjulurkan lidahnya |akaimazed

Anjing cenderung akan menjulurkan lidahnya ketika berada pada daerah yang memiliki suhu yang panas, setelah berlari-larian. Hal ini dilakukan anjing bertujuan untuk mengatur suhu tubuhnya.

Ia harus menurunkan suhu tubuhnya dengan waktu yang cepat. Dengan menjulurkan lidah, cairan yang berada di lidahnya akan menguap. Sehingga suhu tubuhnya akan tetap terjaga.

Kucing menjulurkan lidah untuk mengetahui lingkungan sekitarnya

378464e03f6dc138b5dfb9f50f8ee627
Kucing menjulurkan lidahnya untuk mengetahui lingkungan |pinimg

Dibandingkan dengan anjing, kucing terlihat sangat jarang menjulurkan lidahnya. Bahkan meskipun cuaca sedang panas-panasnya. Jika anjing menjulurkan lidahnya untuk mengatur suhu tubuhnya saat cuaca sedang panas, maka kucing berbeda.

Mereka tidak menjulurkan lidah untuk mengatur suhu tubuh. Menurut pakar kucing bernama Amy Shojai, kucing menjulurkan lidahnya bertujuan untuk mengetahui lingkungan sekitarnya.

Lidahnya yang dijulurkan bertujuan untuk mengumpulkan beberapa zat kimia yang ada di sekitar lidahnya. Kemudian, zat kimia yang terdeteksi dipindahkan ke organ vomeronosal, yaitu organ yang berada di atap mulut kucing sebagai pendeteksi aroma.

Aktivitas kucing menjulurkan lidah ini disebut juga respons Flehmen atau mulut yang ternganga. Dengan metode inilah kucing dapat mengenali lingkungannya setelah mengetahui informasi yang ia dapat.

Cara kucing mengatur suhu tubuh

Anjing menjulurkan lidahnya untuk mengatur suhu tubuhnya, sedangkan manusia akan mengeluarkan keringat untuk mengatur suhu tubuhnya.

Lalu, bagaimana dengan kucing?

Ternyata, sama seperti manusia, kucing juga mengeluarkan keringat untuk mengatur suhu tubuh dan menyesuaikannya dengan suhu di sekitarnya. Namun, jika manusia bisa berkeringat di setiap titik di tubuhnya, kucing hanya berkeringat di dua titik saja.

Sebagai cara untuk mendinginkan tubuhnya, kucing akan berkeringat di bantalan kaki dan di antara jari-jarinya. Karena hanya memiliki dua titik keringat saja, terkadang hal ini tidak membantu kucing untuk mendinginkan tubuhnya.

Oleh karenanya, kucing juga membatasi gerak dan terkadang berteduh di tempat yang tidak panas, atau berbaring di tempat yang sejuk.