Ini Dia Perbedaan Headset, Headphone, Earphone dan Handsfree

in
Headphone Headset Min

Hayyo, masih ada yang masih bingung perbedaan antara Headset, Handsfree, Headphone dan Earphone. Kebanyakan orang sih ering salah menyebut dari keempat benda tersebut.

Nyatanya keempat benda ini memiliki 4 perbedaan yang mencolok loh. Keempat perbedaan tersebut akan dijelaskan secara detail oleh Bebaspedia.

Perbedaan Headset, Headphone, Earphone dan Handsfree

1.Headset

Headset Min

Headset ini merupakan alat untuk mendegarkan suara yang dikeluarkan dari perangkat. Tak hanya mendegarkan suara, kamu juga bisa memberikan input suara melalui mikrofon yang terpasang di headset.

Headset ini biasanya dipakai di komputer/pc untuk keperluan video call atau mendengarkan musik. Headset sendiri mempunyai 2 jack audio, jack audio yang pertama digunakan sebagai mikrofon dan jack audio yang kedua digunakan sebagai speaker.

2.Headphone


Headphone Min

Headphone ini sebenarnya mirip banget dengan Headset. Cuma bedanya, Headphone tidak dilengkapi dengan mikrofon sehingga cuma bisa digunakan untuk mendengarkan suara saja.

Headphone sendiri didesain secara khusus untuk mendengarkan musik. Jadi, kalau kamu memang butuh sebuah alat untuk mendengarkan musik, Headphone lah jawabannya.

3.Earphone

Headset Min

Nah ini nih, biasanya pada ketuker. Orang awam biasanya ngertinya headset padahal sebenarnya namanya Earphone. Earphone sendiri bentuk nya kecil dan mungil dan pas di kantong.

Earphone ini biasanya dipakai dalam perangkat smartphone karena mudah dan praktis dibawa.

4. Handsfree


Handsfree

Handsfree sendiri mirip dengan earphone. Namun, handsfree ini memiliki mikrofon dan tombol fungsi. Mirip seperti bedanya headset dan headphone.

Tombol fungsi ini dapat digunakan untuk menaikkan atau menurunkan volume dan menerima atau memutus panggilan. Sekarang handsfree sudah menggunakan teknologi bluetooth, jadi enggak pakai kabel.

Bagikan Jika Kamu Suka

Tinggalkan Balasan

Mentor

Channabeck Sutansyah

Editor in Chief di Bebaspedia. Harvest Moon menjadi game pertama dan terfavorit yang pernah sama mainkan.