4 Kebiasaan Sederhana Yang Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan

in
Kebiasaan sederhana berbahaya bagi kesehatan
Teeth Brushing Teeth Dentist Health Stock Getty

Siapa yang menyangka kalau 4 kebiasaan sederhana ini, ternyata berbahaya bagi kesehatan kita!

Terkadang atau bahkan seringkali, kita melakukan beberapa kebiasaan sederhanya yang terlihat biasa-biasa saja atau aman-aman saja.

Padahal terdapat beberapa kebiasaan sederhana yang kita lakukan sehari-hari, justru berbahaya bagi kesehatan kita. Dan berikut adalah 4 kebiasaan sederhana yang ternyata berbahaya bagi kesehatan kita tersebut.

1. Meletakkan Dompet di Saku Belakang Celana

Kebiasaan sederhana yang ternyata berbahaya bagi kesehatan kita pertama, adalah kebiasaan kita yang suka meletakkan dompet di bagian saku belakang celana.

Sekilas memang kebaisaan ini wajar dan praktis banget. Jadi mengutip penelitian yang dilakukan Advantage Chiropractic Clinic, kebiasaan ini justru akan menganggun saraf sciatic dan bagian pelvis kita.

Oh ya satu lagi, kebiasaan ini akan mengganggu kenaturalan posisi tulang belakang (spine) kita. Spesifiknya, yang harusnya tegak lurus, jadi bengkok-bengkok. Dan hal ini tentunya gak bagus untuk kesehatan tulang kita ke depannya.

Lalu bagaimana dong? Kalau dompet diletakkan di bagian depan, kan berbahaya juga. Gak ada kok yang menyuruh begitu.

Yang dianjurkan justru, ketika sedang duduk atau tidak dalam posisi berdiri / berjalan, ambil dompet-mu. Lalu ya letakakan di tempat yang aman.

2. Membawa Gadget Ke Atas Tempat Tidur

Dijamin kebiasaan sederhana ini banyak dilakukan oleh sebagian besar dari kalian. Pokoknya kalau gadget (smartphone) gak ada di samping kita, rasanya seperti “telanjang”.

Padahal menurut berbagai penelitian, paparan sinar biru dari gadget terutama pada jam 9-11 malam, akan mengganggu kualitas tidur. Lebih jauhnya, akan mengganggu siklus alami tubuh kita.

Spesifiknya lagi, paparan tersebut akan menurunkan produksi melatonin. Melatonin adalah hormone tubuh yang mengatur jadwal tidur kita.

3. Makan Terlalu Cepat

Kebaisaan makan orang memang beda-beda. Ada yang ritme makannya lambat, biasa, atau cepat banget. Baru 4 menit sudah ludes piring.

Nah ternyata kebaisaan makan cepat ini efeknya sangat gak bagus untuk kesehatan kita. Jadi  menurut salah satu jurnal kesehatan, kebiasaan makan terlalu cepat memiliki efek gak bagus bagi berat badan kita.

Spesifiknya, makan terlalu cepat  bisa meningkatkan potensi obesitas. Selain itu menurut kardiolog Takayuki Yamaji, kebiasaan makan cepat akan membuat kita susah kenyang.

Sehingga yang ada, kita ingin makan lagi, lagi, dan lagi. Alhasil lama-kelamaan, akan memicu resistansi insulin di tubuh kita. Intinya, kalau makan dan makan terus ya kada gula tubu makin tinggi. Kalau sudah tinggi (apalagi pake banget) ya tau sendiri kan efek kesehatannya?

4. Langsung Sikat Gigi Setelah Makan

Menyikat gigi setelah makan memang sangat dianjurkan. Alhasil, gak heran jika kitapun kerap langsung sikat saja setelah makan. Padahal walau maksudnya benar, tapi cara ini salah guys.

Menyikat gigi langsung setelah selesai makan, akan menghilangkan fungsi enamel gigi secara perlahan. Nah kalau enamel sudah gaka ada, alhasil lama-kelamaan gigi kita akan kerpos.

Jadi kalau memang kita termasuk salah satu yang “gak betahan” kalau gak sikat gigi setelah makan, ada baiknya kasih jarak 30 menit terlebih dahulu. Semoga bermanfaat pembahasannya!

Berikan Nilai Untuk Konten ini