menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.com Kesehatan 4 Makanan Yang Harus Dihindari Ketika Sedang Batuk

4 Makanan Yang Harus Dihindari Ketika Sedang Batuk

Makanan harus dihindari ketika batuk
Blog Obat Batuk Paling Ampuh Batuk Berdahak Dan Kering Tuntas

Berikut adalah 4 makanan yang harus dihindari ketika sedang batuk.

Batuk adalah penyakit yang berasal dari virus dan kuman yang ada di dalam tenggorokan kita. Dan ketika sudah melanda, kerongkongan biasanya menjadi meradang banget.

Nah kalau sudah begini, faktanya kita memang harus bisa pintar-pintar menjaga agar peradangannya tidak semakin parah. Salah satunya adalah dengan menjaga makanan yang kita makan.

Karena memang terdapat beberapa jenis makanan  / minuman yang justru bahannya membuat peradangannya kian parah. Dan berikut adalah 4 makanan yang harus dihindari ketika sedang batuk tersebut.

1. Susu

Susu1
Susu | Ekonomi Bisnis

Ini dia makanan yang harus dihindari ketika sedang batuk yang pertama. Apalagi, jika batuknya berdahak. Karena seperti yang sudah diteliti oleh banyak dokter / ilmuwan / ahli kesehatan.

Susu adalah jenis minuman yang justru merangsang produksi lendir di saluran pernapasan. Hal ini karena protein dari susu, bisa merangsang lendir berlebih di dalam usus. Oleh karenanya gak heran penyanyi tidak ada yang minum susu sebelum naik panggung.

Lalu bagaimana kalau kita ingin mengeluarkan seluruh dahaknya? Ya alami saja guys. Tidur yang cukup, minum obat teratur, gunakan sedikit herbal, dan selalu buang setiap kali memang mau membuang dahaknya (walau se-sedikit apapun itu).

ARTIKEL TERKAIT •
5 Makanan yang Bisa Membuat Tubuh Lelah

2. Fast Food / Junk Food

Online Ordering
Fast Food | ZinMobi

Kita sering mendengar dokter mengatakan untuk tidak makan-makanan cepat saji kalau sedang batuk. Mau itu hamburger, fried chicken, french fries, dll.

Dan ternyata larangan ini bukan bualan saja. Perlu diketahui. Bahwa salah satu hal yang bisa menyembuhkan batuk kita, adalah dengan mendapatkan asupan nutrisi yang baik.

Mengapa demikian? Asupan nutrisi yang baik, akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Dan kalau kekebalan tubuh kita sudah meningkat, maka penyembuhan batuk kitapun akan lebih cepat.

Dam let’s face it. Yang namanya makanan cepat saji, sudah pasti kandungan nutrisinya gak terlalu oke. Belum lagi minyak yang dipakai sangat strong. Sehingga membuat batuk kian parah saja.

3. Telur

421b8e12 6e05 49ab Bafd 875042c5c177 169
Telur |detikHealth

Ternyata, makanan yang harus dihindari ketika batuk lainnya, adalah telur. Sebenarnya bukan 100% dari telurnya yang masuk ke dalam perut kita.

Namun seperti yang pernag diungkapkan di Doctor’s Health Press, adalah aroma telur yang menyengat itu yang akan membuat kita langsung mual bahkan, muntah. Alhasil rangsangan ini juga kian membuat gak nyaman tenggorokan kita.

ARTIKEL TERKAIT •
3 Makanan yang Tidak Baik Dikonsumsi Bersama Soda

4. Jus Jeruk

062801 Orangejuice Cvr
Jus Jeruk | Detik Food

Ya percaya atau tidak, ternyata jus jeruk (orange juice) adalah makanan atau minuman yang harus dihindari ketika sedang batuk. Loh kok?

Jadi berdasarkan Spoon University, jus jeruk dapat membakar selaput yang sudah meradang di tenggorokan. Jadi ya bakalan makin lama deh sembuh dari batuknya.

Nah, apabila memang ingin segera sembuh dari batuk-nya, maka sebaiknya hindari deh 4 makanan yang bisa membuat batuk makin parah ini. Semoga pembahasannya bermanfaat ya guys!

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks