Apakah Anak-Anak Bisa Kena Serangan Jantung?

in
penyakit jantung pada anak
Credit Picture: Deherba

Ada empat penyakit yang menyebabkan kematian tertinggi di dunia. Jika nomor dua adalah kanker, sementara itu serangan jantung adalah penyakit tertinggi yang menyebabkan kematian di dunia.

Penyebab penyakit jantung ialah tersumbatnya pembuluh darah jantung, selain itu pola makan dan gaya hidup yang kurang sehat juga bisa menyebabkan serangan jantung.

Biasanya serangan jantung pada umumnya dialami oleh orang tua, namun ternyata anak-anak pun bisa mengalaminya. Bahkan penyakit jantung pada anak lebih berbahaya dibandingkan penyakit jantung orang dewasa. Berikut ulasannya!

Penyakit jantung pada anak disebabkan oleh kelainan genetik

Anak-anak bisa memiliki kadar kolestrol yang lebih tinggi dibandingkan pada anak-anak pada umumnya salah satunya karena kelainan genetik. Akibat kadar kolestrol yang tinggi ini, nantinya akan menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

Seperti yang kita ketahui, penyumbatan arteri adalah penyebab serangan jantung yang dialami orang tua. Anak-anak yang memiliki kadar kolestrol yang tinggi biasanya ditandai dengan kelebihan lemak atau hiperkolesterolemia pada tubuhnya yang gemuk.

Adapun tiga jenis penyakit jantung pada anak yang umum terjadi ialah:

ARTIKEL TERKAIT •
Saat Menggunakan Masker, Tenggorokan Terasa Sakit? Begini Cara Mengatasinya

1. Penyakit jantung kongenital

Penyakit jantung ini merupakan penyakit jantung bawaan. Penderitanya mengalami cacat sejak lahir yang disebabkan perkembangan embrio yang tidak normal. Bayi yang mengalami ini biasanya memiliki struktur masalah kebocoran jantung akibat adanya lubang pada sekat jantung.

Selain itu, bentuk jantung yang tidak sempurna juga menyebabkan gagal jantung pada anak atas jenis penyakit jantung kongenital ini. Meskipun demikian, kasus penyakit jantung ini cukup langka, setidaknya 8 dari 1000 bayi yang baru lahir mengalami penyakit ini.

2. Aterosklerosis

Aterosklerosis adalah kondisi di mana adanya plak dari lemak atau kolestrol di pembuluh arteri. Akibatnya pembuluh darah menjadi sempit dan kaku, hal ini membuat resiko penyumbatan darah semakin tinggi dan menyebabkan penyakit jantung.

Ternyata bukan hanya orang dewasa saja, anak-anak dan remaja juga bisa mengalami ini, meskipun jarang terjadi. Namun jika mereka mengalami tekanan darah tinggi, diabetes, kegemukan, mereka akan berisiko terkena penyakit jantung ini.

3. Penyakit Kawasaki

American Heart Association menyebutkan Kawasaki adalah penyakit jantung pada anak yang umum terjadi. Penyakit ini ditandai dengan pembuluh darah di sekujur tubuh yang meradang, seperti di lengan, mulut, tangan, tenggorokan, dan bibir.

ARTIKEL TERKAIT •
157 Negara Terjangkit Virus Corona

Selain itu, demam dan pembengkaka kelenjar getah bening juga menjadi gejala dari penyakit ini. Setidaknya 1 dari 5 anak di bawah usia 5 tahun menderita penyakit jantung jenis ini.

Berikan Nilai Untuk Konten ini