Bantu Cegah Virus Corona COVID-19, Dengan Lakukan 5 Hal Ini

in
Lakukan 5 Hal Ini
Lakukan 5 Hal Ini | Credit Image: Waspada Online

Kini, masyarakat seluruh dunia patut dan telah mewaspadai virus corona covid-19 yang sudah menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Sebagai bentuk dukungan pencegahan terhadap pandemi ini, jika kalian membuka halaman google, maka kalian akan menemukan COVID-19 Alert dari Google berupa Lakukan 5 Hal Ini Bantu Cegah Virus Corona.

Google Alert Covid19
Google Alert Covid19 | Kumparan

Himbauan dari Google tersebut bisa ditemukan di bawah halaman pencarian. Jika kalian mengklik himbauan tersebut, kalian akan dibawa menuju iklan layanan masyarakat BNPB yang menjelaskan secara singkat 5 hal apa saja yang harus dilakukan untuk membantu mencegah penyebaran virus corona covid-19.

Setidaknya hingga kini, virus corona covid-19 telah menjangkit sekitar 937.170 orang di dunia. Amerika Serikat menjadi negara paling banyak yang penduduknya terinfeksi covid-19, yaitu sekitar 216.515 orang. Sementara, di bawahnya terdapat Italia dengan 110.574 orang, lalu diikuti oleh Spanyol 104.118 orang.

Sedangkan China yang menjadi negara tempat pertama kalinya Covid-19 ditemukan, memiliki 82.394 kasus. Di sana hingga hari ini, dilaporkan bahwa virus corona berangsur membaik.

ARTIKEL TERKAIT •
Mengenal Predeterminasi, Metode Untuk Mengendalikan Mimpi

Virus Corona Covid-19 dapat menyebar dengan cepat dari orang ke orang melalui tetesan batuk atau bersin dari orang yang positif terkena Covid-19. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan agar kita melakukan 5 Hal ini demi membantu pencegahan penyebaran virus corona covid-19.

1. Cuci Tangan Dengan Sabun

Cuci Tangan Dengan Sabun
Cuci Tangan Dengan Sabun | Tribun Palu

Untuk membunuh virus yang mungkin menempel di tangan Anda, cucilah tangan dengan sabun atau hand sanitizer berbasis alkohol. Hanya dengan durasi minimal 20 detik, cucilah tangan hingga bersih.

2. Etika Bersin dan Batuk

Bersin Dan Batuk
Bersin Dan Batuk | Orami Parenting

Sebaiknya Anda menutup wajah atau area mulut menggunakan tisu ketika batuk atau bersin. Jangan menggunakan tangan, karena tangan Anda nanti berpotensi menyebarkan virus yang keluar dari tubuh Anda ketika batuk atau bersin tadi. Tisu yang sudah digunakan pun harus segera dibuang.

3. Tidak Menyentuh Mata, Hidung, dan Mulut

Menyentuh Wajah
Menyentuh Wajah | MerahPutih

Tangan pasti banyak menyentuh area permukaan, dan virus berpeluang menempel. Hingga saat terkontaminasi, tangan dapat memindahkan virus ke mata, hidung, dan mulut. Itulah sebabnya WHO menganjurkan kita untuk rajin mencuci tangan.

ARTIKEL TERKAIT •
Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Makan Sebelum Tidur Malam

4. Lakukan Physical Distancing

Physical Distancing
Physical Distancing | Islami.co

Pertahankan jarak setidaknya 1 hingga 2 meter dengan siapa saja. Physical distancing sudah dilakukan di banyak negara sebagai salah satu upaya untuk menghindari penularan Covid-19.

5. Tetap Di Rumah

Di Rumah Saja
Di Rumah Saja | Okezone Lifestyle

Pemerintah dan otoritas kesehatan telah menghimbau kita agar tetap di rumah saja selama pandemi Covid-19 ini berlangsung. Apalagi jika Anda sedang sakit, selain mengisolasi di rumah, harap periksakan juga ke petugas medis. Dengan di rumah saja, kita sudah membantu para otoritas terkait dalam memerangi covid-19.

Berikan Nilai Untuk Konten ini