Benarkah Pasta Gigi Mampu Mengatasi Jerawat?

in ,
neosporin alternatives vs for acne treatment ointment
Sumber Picture: Vix.com

Jerawat selalu menyebalkan, bikin gak pede alias minder. Apalagi jerawatnya meradang segede pentol, pasti ngga nyaman banget kan gaes … !!!

Timbulnya jerawat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti produksi minyak berlebih hingga akumulasi kotoran dan debu. Salah satu yang paling santer di telinga kita adalah pengobatan jerawat menggunakan pasta gigi.

Dilansir wolipop.detik, pengobatan dengan pasta gigi terhadap jerawat sebaiknya tidak untuk dilakukan.

Pasta gigi ya untuk gigi

64830 toothpastejpg.jpg.660x0 q80 crop scale upscale
Pasta gigi | newbeauty

Memang benar, pasta gigi mengandung baking soda, hidrogen peroksida, alkohol, menthol, hingga triclosan, bahan-bahan ini dikenal mampu mengeringkan kulit. Namun, menurut dokter kulit Kenneth Howe, M.D., yang namanya pasta gigi ya untuk gigi, bukan untuk kulit.

Menurutnya, kulit yang rentan terhadap jerawat akan bereaksi jika terjadi kekeringan lalu iritasi, sehingga berpotensi menimbulkan jerawat baru. Niat hati ingin menyingkirkan 1 jerawat eh malah timbul 2-3 jerawat baru.

Penggunaan pasta gigi terhadap jerawat memang cukup efektif, namun hal itu akan dibarengi dengan iritasi kulit. Dan hal tersebut bukanlah jalan pengobatan yang direkomendasikan oleh banyak dokter kulit.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Tipe Pelupa Yang Harus Kamu Ketahui

Tips untuk jerawat yang meradang

jenis jerawat4
Ilustrasi jerawat | Beauty Journal

Namun jangan berkecil hati, jika ingin mengobati jerawat yang meradang dengan cara sederhana, gunakanlah aspirin.

Obat ini mengandung sedikit salycilic acid, bahan aktif yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit berjerawat. Gunakan bebarengan dengan air hangat, hal ini efektif menenangkan jerawat yang meradang.

Menurut dermatologist Joshua Zeichner, M.D., salicylic acid dalam aspirin memang tidak bisa mengurangi minyak berlebih seperti halnya krim jerawat. Namun masih bisa untuk merawat jerawat yang meradang.

Haluskan sebutir aspirin, tambahkan air hangat hingga bertesktur lembut seperti krim. Kemudian oleskan atau totolkan ke area yang berjerawat. Ulangi cara ini sampai jerawat mengering. Metode ini tidak dianjurkan untuk pengobatan jangka panjang. Sebaiknya gunakan metode ini hanya ketika jerawat sedang meradang.

Nah, untuk mempercepat penyembuhan, Anda bisa kombinasikan dengan kompres es batu. Marnie Nussbaum, M.D., seorang dermatologist mengatakan bahwa es batu membantu mengurangi peradangan dan mendinginkan area kulit yang berjerawat.

ARTIKEL TERKAIT •
Apa Itu Program Jaminan Kesehatan Nasional? Berikut Penjelasannya!

Berikan Nilai Untuk Konten ini