Ini Dampaknya Bagi Tubuh Jika Kita Sering Menahan Kentut

in
Kentut
Credit Image: IDN Times

Kentut atau buang angin di hadapan banyak orang itu memang merupakan perbuatan yang tidak sopan. Apalagi kentut tersebut menimbulkan suara, selain bau tak sedap, pastilah kita akan menahan rasa malu. Karena untuk menghindari hal tersebut, tak jarang kita justru menahan kentut.

Namun, menurut penelitian menahan kentut sangat tidak dianjurkan. Justru hal tersebut disebut-sebut bisa berbahaya bagi kesehatan kita.

Asal Mula Kentut

Kentut merupakan aktivitas keluarnya gas yang berasal dari sistem pencernaan kita. Gas ini terbentuk melalui proses yang cukup panjang. Makanan yang kita makan masuk ke dalam tubuh dan dicerna hingga akhirnya sampai ke usus besar.

Di usus besar, makanan tadi difermentasi oleh bakteri baik hingga menghasilkan dua hal, yaitu gas dan asam lemak. Asam lemak digunakan oleh tubuh untuk sistem imun. Sedangkan gas akan diserap kembali yang kemudian akan dikeluarkan dalam bentuk pernapasan dan juga kentut.

Pencernaan Terganggu

Semakin banyak makanan yang kita konsumsi, semakin banyak pula gas yang harus dikeluarkan pada usus besar. Jika kita sering menahannya, gas tersebut akan menumpuk di saluran pencernaan.

ARTIKEL TERKAIT •
Kenali Perbedaan DBD dan Malaria

Akibarnya gas akan terdorong ke atas dan menyebabkan perut kita menjadi kembung dan panas. Hal tersebut bisa menyebabkan usus kita menggelembung, karena gas yang seharusnya dibuang malah ditumpuk dan tertahan di usus.

Semakin Berbau

Akibat yang lainnya jika kita sering menahan kentut, aroma dari kentut tersebut akan semakin berbau tidak sedap.

Seperti yang sudah kita bahas tadi, kentut merupakan hasil fermentasi dari makanan yang dicerna oleh tubuh dan menghasilkan gas. Nah gas ini saja sudah beraroma tidak sedap.

Apalagi jika kita menahannya keluar lebih lama lagi, itu sama saja kita menumpuknya di saluran pencernaan. Alhasil baunya akan makin terasa tidak menyenangkan saat dikeluarkan.

Yang Sebaiknya Dilakukan

Kentut Di Luar
Kentut di toilet | Halodoc

Menahan kentut, jika sering dilakukan akan berdampak pada sistem pencernaan. Itu lah mengapa para pakar kesehatan sangat tidak menganjurkan untuk kita menahan kentut.

Lalu apa yang harus dilakukan?

Jika kita hendak kentut, sebaiknya kita cepat-cepat mencari toilet di sekitar atau paling tidak kita ke tempat yang sepi. Hal itu agar aroma dari kentut kita tidak berimbas pada orang-orang di sekitar kita.

ARTIKEL TERKAIT •
Kasus Virus Corona Melonjak Hingga 100 Ribu Lebih

Berikan Nilai Untuk Konten ini