Kurangi Konsumsi 7 Makanan Ini, Agar Jantung Tetap Sehat

in ,
Credit Picture: Sains Kompas

Kita harus menjaga kesehatan jantung, karena jantung merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh. Agar terhindar dari penyakit jantung atau yang biasa disebut kardiovaskular, kita harus menjaga pola hidup sehat dan pola makan kita.

Nah, berikut beberapa jenis makanan yang sebaiknya kita kurangi untuk dikonsumsi!

1. Gula, Garam, dan Lemak

Makanan Olahan
Makanan Olahan | HelloSehat

Resiko terkena penyakit jantung akan tinggi jika kita terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat olahan, gula, garam dan lemak.

Gula, garam, dan lemak sangat mudah ditemui pada produk makanan olahan. Sebaiknya sebelum kita membeli dan mengonsumsi produk makanan olahan, kita periksa komposisi atau label kemasan makanan olahan tersebut.

Buah, sayur, gandum utuh, sumber protein tanpa lemak, dan susu rendah lemak merupakan makanan-makanan yang baik bagi jantung.

2. Gorengan

Gorengan
Gorengan | KlikDokter

Agar jantung tetap sehat, kita juga sebaiknya mengurangi makanan-makanan yang digoreng seperti ayam goreng, kentang goreng, atau gorengan-gorengan yang biasa dijajakan di pinggir jalan itu.

Minyak akan membuat ayam dan bahan makanan lainnya menjadi tinggi kalori dan lemak.

ARTIKEL TERKAIT •
Benarkah Makan Kacang Menyebabkan Jerawat?

3. Daging Olahan

Daging Olahan
Daging Olahan | KlikDokter

Daging olahan adalah itu seperti sosis, kornet, daging asap. Daging olahan mengandung garam, dan pengawet, yang berjumlah banyak. Nah, kandungan garam dan pengawet yang tinggi dalam daging olahan dapat membuat resiko terkena penyakit jantung akan semakin tinggi.

4. Soda dan Minuman Manis

Soda Dan Minuman Manis
Soda Dan Minuman Manis | KlikDokter

Gula tambahan yang terkandung dalam soda dan minuman manis relatif tinggi, sehingga dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung jika kita etrlalu banyak mengonsumsinya.

Mengonsumsi soda pun dapat meningkatkan resiko obesitas yang dapat memicu penyakit jantung pula.

5. Karbohidrat Olahan

Karbohidrat Olahan
Karbohidrat Olahan | HelloSehat

Proses pengolahan karbohidrat membuat struktur dalam makanan berubah. Hal ini justru mengakibatkan produksi peningkatan kadar gula yang tinggi.

Gula tambahan seperti itu, dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung bagi tubuh kita.

Berikan Nilai Untuk Konten ini