Mengapa Wanita Lebih Mudah Cepat Gemuk Dibandingkan Pria?

in ,
Siapa Yang Lebih Cepat Kurus Pria Atau Wanita
Sumber picture: Dokter id

Menurut WHO, tingkat kelebihan berat badan pada wanita lebih tinggi dua kali lipat dibandingkan pada pria. Selain karena asupan makanan dan intesitas aktivitas oleh keduanya, hal tersebut juga disebabkan oleh pengaturan tubuh wanita itu sendiri.

Tubuh wanita menyimpan lebih banyak lemak dibanding pria

Ilustrasi berat badan wanita | media-ex


Faktor genetik juga mungkin berpengaruh, pasalnya pria memiliki hormon testoteron lebih banyak dibanding pria. Hal ini lah yang menyebabkan tubuh wanita lebih banyak mengandung lemak dibandingkan tubuh pria yang lebih banyak mengandung kalori. 

Karena memiliki massa otot lebih banyak, kebutuhan kalori pria pun lebih banyak, jadi ketika pria makan banyak, ia tak perlu khawatir tentang berat badannya.

Karena nutrisi makanan yang banyak tadi akan diserap menjadi kalori, lalu akan menambah masa otot, mengingat intensitas aktivitas pria lebih dibandingkan wanita.

Berbeda dengan pria, kebutuhan kalori wanita sedikit, jadi jika wanita sedikit makan lebih banyak, nutrisi makanan tersebut akan lebih banyak menjadi lemak. Dan hal itu membuat berat badan wanita lebih cepat bertambah.

ARTIKEL TERKAIT •
Cara Menyembuhkan Sariawan Secara Alami

Faktor hormon

Selain itu, terdapat juga bagian otak yang mengatur penggunaan kalori dari makanan untuk tubuh, yang berbeda antara pria dan wanita. Sel-sel pada bagian otak ini membuat hormon otak penting yang disebut dengan peptida proopiomelanocortin (POMC).

Peptida ini bertanggung jawab dalam mengatur nafsu makan, aktivitas fisik, pengeluaran energi, dan berat badan. Ada pula enzim yang membuat semakin bertambahnya usia wanita, ia akan lebih rentan terhadap kelebihan berat badan.

Enzim tersebut bernama aldehyde dehydrogenase 1. Adanya peningkatan enzim aldh1a1 membuat wanita lebih cepat gemuk dibandingkan pria, walaupun keduanya sama-sama memiliki diet tinggi lemak.

Aktivitas peningkatan enzim ini terutama terjadi pada wanita yang kadar hormon estorgennya menurun, yaitu pada wanita yang telah mengalami monopuse.

Karena kadar estorgen yang tinggi dapat menghalangi kerja enzim ini. Itu lah kenapa, wanita muda dengan kadar estorgen yang tinggi bisa jadi dan mungkin lebih sulit menambah berat badan dibandingkan wanita yang sudah monopuse.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Cara Ampuh Mengusir Cicak di Rumah, Dijamin Ngak Kembali Lagi

Berikan Nilai Untuk Konten ini