Mesothelioma, Kanker Paling Berbahaya dan Mematikan

in
Bedak Bayi

Kanker memang kerap menjadi momok bagi manusia. Ada satu kanker bernama Mesothelioma, kanker ini disebut paling berbahaya. Sering terjadi di lapisan paru-paru, yang disebut pleura.

Faktor utama penyebab kanker ini adalah asbes. Kanker ini agresif dan mempengaruhi lapisan membran paru-paru dan perut. Jenis mesothelioma dibedakan berdasarkan bagian tubuh yang terkena.

1. Mesothelioma Pleura (Selaput paru-paru)

Mesothelioma
Kanker Paru-paru | Source Picture

Kanker ini menyerang selaput paru-paru, dan kanker jenis ini yang paling sering terjadi. Pada umumnya terjadi akibat terlalu sering menghirup udara yang mengandung debu serat asbes. Yang kemudian debu tersebut terjebak pada pleura, lalu mengakibatkan peradangan.

2. Mesothelioma Peritoneal (Selaput rongga perut)

Mesothelioma.com Diagram Peritoneal 1 561x326
Kanker rongga perut | Source Picture

Kanker ini menyerang rongga perut, ia berkembang di peritoneum, yaitu jaringan yang melapisi perut. Serat asbes yang terhirup atau tertelan menemukan jalan ke saluran pencernaan. Akibatnya mengendap di rongga perut.

3. Mesothelioma Perikardial (Kantung Jantung)

Diagram Pericardial
Kanker Kantung Jantung | Source Picture

Kanker ini menyerang jaringan yang melapisi jantung. Penyebabnya juga sama, yaitu asbes. Debu asbes menerobos ke pericardium, lalu berkembang di selaput jantung. Bisa dibilang, kanker ini merupakan lanjutan dari pleura, karena ia berkembang dari sel abnormal yang sudah berkembang pada pleura.

ARTIKEL TERKAIT •
Dalam Kurun Waktu 50 Tahun, Manusia Telah Menghabisi Lebih dari Dua Pertiga Satwa Liar

4. Mesothelioma dari testis tunika vaginalis (lapisan internal organ seks laki-laki) dan Mesothelioma uteri tunika serosa (selaput internal organ intim wanita)

Testi
Source Picture

Kedua jenis kanker ini paling jarang terjadi. Meskipun belum diketahui secara pasti bagaimana bisa debu serat asbes bisa sampai ke jaringan alat vital, namun dalam beberapa kasus memang menunjukan bahwa penyebab utama dari mesothelioma ini adalah asbes.

Kasus Mesothelioma Akibat Bedak Bayi

Pada tahun 2007 silam, wanita bernama Nancy telah divonis mengidap kanker Mesothelioma. Penyebab kanker Nency belum diketahui secara jelas. Tetapi, hasil mutasi DNA membuktikan bahwa ada asbestos alias asbes yang bersarang di paru-parunya.

Berawal dari pemeriksaan itu lah, Nancy menuding bahwa bedak bayi yang ia gunakan mengandung asbes.

Perlu diketahui, mesothelioma termasuk jenis kanker langka yang menyerang kurang dari 0,3 persen penduduk di Amerika Serikat.

Dilansir suaracom, Asbes merupakan mineral, namun komposisinya berbahaya karena dapat dipisahkan menjadi serat mikroskopis yang tidak terurai secara alami. WHO menganggap asbes sebagai karsinogen yang bisa menyebabkan kanker paru-paru, laring, mesothelioma dan ovarium.

ARTIKEL TERKAIT •
Ketahui 4 Alasan Jangan Langsung Berdiri Setelah Bangun Tidur

Setelah melakukan tes laboratorium, ternyata membuktikan bedak tabur bayinya mengandung asbes tremolite dan anthophyllite. Penyakit ini sebenarnya rentan terjadi pada karyawan pabrik, namun Nancy bukan lah pekerja pabrik.

Ia menduga bahwa lingkungan tempatnya tinggal juga tidak cukup untuk membuat ia terkena penyakit tersebut.

Berkat pengobatan rutin, Nancy dapat bertahan hidup. Padahal rata-rata pasien yang didiagnosis penyakit ini, hanya mampu bertahan sekitar 12-22 bulan.

Berikan Nilai Untuk Konten ini