menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.comNewspedia5 Tips Ampuh Mengatasi Gigi Sensitif yang Menganggu

5 Tips Ampuh Mengatasi Gigi Sensitif yang Menganggu

Tips Ampuh Mengatasi Masalah Gigi Sensitif
Tips Ampuh Mengatasi Masalah Gigi Sensitif (Istimewa)

Masalah gigi sensitif bisa hilang.

Bagi kamu yang pernah mengalami masalah gigi sensitif pastinya merasa tidak ingin mengalaminya lagi. Karena pada saat itu, gigi terasa ngilu dan nyeri. Sehingga aktivitas sehari-hari jadi terganggu karena adanya masalah gigi.

Gejala tersebut timbul karena respon terhadap berbagai kondisi, seperti karena mongonsumsi makanan dan minuman yang dingin atau panas. Masalah gigi sensitif dapat berlangsung sementara dan dalam waktu yang lama serta dapat dialami lebih dari satu gigi.

Menurut juru bicara American Dental Association, Kim Harms, DDS, gigi sensitif diakibatkan karena paparan ujung saraf, pengikisan terhadap bagian atas gigi atau jaringan tulang dan gusi di bawahnya.

Masalah Gigi Sensitif
Masalah gigi sensitif (Istimewa)

Oleh karena itu, penting untuk kita semua mengetahui cara mengatasi gigi sensitif. Dengan itu, kamu dapat mengetahui teknik dan produk mana yang dapat meminimalisir atau mengurangi menghilangkan masalah pada gigi kamu.

Mengatasi masalah gigi sensitif

1. Pakai pasta gigi khusus gigi sensitif

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah gigi sensitif adalah mengganti pasta gigi biasa ke pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. Pasta gigi ini bekerja dengan cara mengisi tubulus ujung saraf serta menghadangnya dari iritasi.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Bahan Alami Untuk Mengobati Sakit Gigi berlubang

Harms menjelaskan pasta gigi yang baik untuk gigi sensitif adalah yang mengandung fluorida, strontium klorida, dan kalium nitrat.

2. Menyikat gigi dengan sikat yang lembut

Harms mengatakan agar mencegah terjadinya kerusakan pada jaringan gusi, lebih baiknya menggunakan sikat gigi dengan sapuan yang lembut dan elastis.

Jika kamu menggunakan sikat gigi yang keras, yang ada hanya akan menggerus gusi dan enamel kamu. Dan pada akhirnya akan membuat kamu peka terhadap gigi sensitif. Oleh karena itu, untuk mengatasi gigi sensitif, gunakanlah sikat gigi yang lembut dan sikat dengan halus.

3. Jangan suka meenggemeretak gigi

Kebiasaan menggemeretak gigi sangat tidak baik bagi gigi kamu. Karena akan memberikan tekanan besar terhadap gigi, yang mana bisa menggerogoti enamel dan membuat gigi menjadi sensitif.

Menurut American Sleep Association, sebanyak 10 persen orang suka menggeretak giginya saat malam hari, atau yang juga dikenal dengan bruxism. Penyebabnya bisa jadi karena stres, gangguan tidur, pengaruh obat-obatan, dan masih banyak lainnya.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Bahan Alami Untuk Mengobati Sakit Gigi berlubang

4. Hindari produk pemutih gigi

Untuk mengatasi masalah gigi sensitif lainnya dengan tidak menggunakan produk pemutih gigi. Meskipun produk tersebut dapat membuat gigi menjadi kinclong, namun apa gunanya jika akan meningkatkan sensitivitas gigi.

Hal ini karena produk tersebut mengandung bahan kimia dengan kadar tinggi yang dikenal dengan karbamid peroksida, dan berkembang menjadi hidrogen peroksida dalam mulut kamu.

5. Jauhi makanan dan minuman yang asam

Nah, untuk tips mengatasi gigi sensitif yang satu ini, pastinya kamu sangat percaya. Makanan dan minuman yang sangat panas, dingin, atau produk yang rasanya asam hanya akan meningkatkan sensitivitas terhadap gigi.

Dr Harms mengatakan untuk tidak mengunyah sesuatu yang dingin atau renyah, misalnya es. Hal tersebut akan membuat gigi menjadi retak dan pada akhirnya gigi terasa sensitif.

Add comment