Usir Tikus Dengan 7 Bahan Alami ini

in ,
ternyata peppermint bisa mengganggu indera penciuman tikus yang amat tajam  190129112426 174
Credit Image: Republika.co.id

Sudah menjadi hal biasa jika kita menemukan tikus-tikus yang berkeliaran di sudut-sudut rumah. Tikus merupakan salah satu hewan yang membawa penyakit, bahkan beberapa penyakit yang disebabkan oleh tikus, merupakan penyakit-penyakit yang berbahaya.

Itu sebabnya, kita harus mengusir tikus-tikus itu dari rumah kita. Biasanya kita akan membuat jebakan tikus dengan menggunakan lem tikus atau perangkap tikus. Ternyata, selain itu, kita bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemui di dapur kita.

Tikus memiliki jalurnya berdasarkan jejak dari bebauan yang mereka tinggalkan, jadi kita bisa meletakkan bahan-bahan ini pada jalur-jalur tersebut.

1. Bawang Putih

Ternyata selain vampire, tikus juga takut dengan bawang putih. Aroma bawang putih yang khas dan kuat membuat tikus merasa tidak nyaman, sehingga mereka akan selalu menghindarinya.

Potong bawang putih hingga menjadi bagian tipis, lalu bungkus irisan atau potongan bawang putih tersebut dengan kain kasa.

Letakkan bungkusan berisi bawang putih tersebut, pada tempat yang biasa dilalui tikus. Diamkan selama beberapa hari, maka tikus tidak akan melewati jalur itu kembali.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Cara Ampuh Mengusir Cicak di Rumah, Dijamin Ngak Kembali Lagi

2. Bubuk Kopi

Tidak seperti anak indie, ternyata tikus tidak menyukai aroma bubuk kopi. Bubuk kopi memiliki aroma yang tajam, tikus memiliki indera penciuman yang lebih peka daripada kita. Sehingga aroma kopi pun sangat menyengat bagi mereka.

Cara menggunakannya sangat sederhana, cukup taburkan bubuk kopi pada sarang tikus atau sudut-sudut rumah yang biasa dilalui oleh tikus.

3. Merica

Merica pada umumnya digunakan sebagai rempah pada masakan. Aroma dan rasanya yang pedas dapat mengganggu penciuman tikus yang lebih tajam dan peka dibandingkan manusia itu.

Sama seperti bubuk kopi, kita bisa menaburkan beberapa merica di setiap sudut-sudut rumah yang biasa dilalui oleh tikus.

4. Cangkang Telur

Selain memiliki nilai estetik yang cukup tinggi, cangkang telur ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan dan alat pengusir tikus.

Bersihkan cangkang telur, kemudian setelah dikeringkan, tumbuk cangkang telur hingga halus dan menjadi bubuk.

Taburkan bubuk cangkang telur tadi pada sudut-sudut rumah yang bisa dilalui oleh tikus.

5. Buah Mengkudu

Buah mengkudu memiliki memiliki aroma yang bau dan menyengat. Bukan hanya sebagian besar manusia saja, ternyata tikus juga tidak menyukai aroma dari buah mengkudu.

ARTIKEL TERKAIT •
Covid-19 Menjadi Pandemi, Apa Bedanya Dengan Wabah Dan Endemi?

Potong buah mengkudu menjadi kecil-kecil, lalu letakkan pada sudut rumah yang biasa dilalui tikus.

6. Cengkeh

Aroma cengkeh tidak disukai juga oleh tikus, kita bisa menegringkan cengkeh lalu kemudian membungkusnya dengan kain kasa.

Bungkusan kain berisi cengkeh tersebut lalu kita letakkan pada tempat yang biasa dilalui oleh tikus.

7. Cabai rawit

Nah, bahan alami terakhir yang bisa ditemukan di dapur untuk mengusir tikus ialah cabai rawit.

Cabe rawit yang dihaluskan atau diblender, akan membuat aroma pedasnya keluar dan kuat. Hal ini tidak disukasi oleh tikus. Letakkan adonan cabai pada suatu wadah, lalu letakkan pada tempat yang biasa dilalui oleh tikus.

Berikan Nilai Untuk Konten ini