4 Rekomendasi Pekerjaan Sampingan Terbaik

in ,
Rekomendasi Pekerjaan Sampingan
Rekomendasi Pekerjaan Sampingan | Lifepal

Setiap orang pasti ingin mendapatkan tambahan pundi-pundi rupiah meskipun sudah memiliki pekerjaan dan gaji tetap. Jika ada kesempatan, pasti tidak banyak yang menolak peluang tersebut. Nah, berikut 4 rekomendasi pekerjaan sampingan yang mungkin bisa kamu jadikan referensi sebagai pekerjaan tambahan untuk menambah pundi-pundi rupiah.

Seperti yang kita tahu, tak sedikit orang yang mengambil side job meskipun sudah bekerja secara full time.

1. Mengajar

pekerjaan Les Musik
Les Musik | Kursus Musik Bandung

Rekomendasi pekerjaan sampingan pertama ialah mengajar. Menjadi pengajar sebenarnya cukup menggiurkan. Jika kamu memiliki skill atau keahlian khusus seperti bermusik, kamu bisa membuka les privat di waktu-waktu luangmu.

Misalnya saja, kamu memiliki bakat mengajar. Karena kamu pernah kuliah pendidikan atau memiliki pengetahuan pelajaran-pelajaran anak sekolah. Cobalah mengajar pada malam atau akhir pekan, kamu bisa adakan les privat untuk anak-anak sekolah.

Untuk tarif, kamu bisa mematok harga sesuai modal, tenaga, dan waktu yang kamu gunakan untuk mengadakan les privat tersebut. Jika masih baru, untuk menarik orang, sebaiknya kamu patok tarif di bawah standart.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Rekomendasi Game Offline Seru di Android

Mintalah orang yang mengikuti les privatmu, untuk merekomendasikan namamu di teman-temannya.

2. Jadi blogger

Ngeblog
Ngeblog | Actionesia

Sebenarnya ada metode menjadi penulis lepas dari jasa-jasa online yang menyediakan proyek menulis seperti Projects.co.id dan Freelancer. Kamu akan menemukan begitu banyak proyek menulis yang bisa kamu kerjakan. Lalu mendapatakan penghasilan dari situ tentu saja.

Namun, jika kamu tidak ingin menulis sesuai permintaan orang lain, kamu bisa membuat blog sendiri. Dengan begitu kamu bebas menulis apapun yang kamu inginkan, yang tentu saja jika ingin mendapatkan penghasilan dari blog, kamu juga harus melihat minat baca dan sesuaikan pangsa yang ada.

Jika kamu telaten dan tekun justru bisa saja penghasilan dari blog mu akan melebihi penghasilan pekerjaan utama kamu.

3. Fotografer

pekerjaan Fotografer 1
Fotografer | IDN Times

Buat kamu yang memiliki passion di bidang fotografi, kamu bisa menjajal menjadi fotografer untuk mendapatkan tambahan pundi-pundi rupiah.

Pada acara pernikahan temanmu, acara ulang tahun, atau bahkan acara kantor, tawarkanlah jasa fotografimu.

Semakin lengkap dan banyak portofolio kamu, kamu bisa menjual jasa fotografi kamu dengan lebih percaya diri kepada orang lain.

ARTIKEL TERKAIT •
Perhatikan 5 Hal Berikut Sebelum Melakukan Pekerjaan Sampingan

Manfaatkan sosial media kamu, hitung-hitung menambah follower dan memperkenalkan skill kamu kepada orang-orang.

Selain itu, beberapa situs penyedia foto juga bisa kamu jadikan referensi untuk menjual fotografimu di sana.

Mereka akan membayar karyamu sesuai jumlah view atau jumlah unduh pada karyamu. Ada juga yang menetapkan harga pada foto, nanti kamu akan mendapat beberapa persen dari penjualan foto tersebut.

4. Sedia katering kantor

Katering Kantor
Katering Kantor | Job Magazine

Jika kamu sering bawa bekal ke kantor, beberapa temanmu pasti setidaknya mencicipi bekalmu tersebut. Nah, ini kesempatan dan peluang buatmu untuk menambah penghasilan.

Kamu bisa tawarkan katering makanan buat mereka. Jika kamu bisa mendapatkan 5 pelanggan saja, dengan mematok harga makanan berkisar antara 10 ribu – 20 ribu rupiah, dalam sehari kamu bisa mendapatkan penghasilan kotor 50 ribu – 100 ribu rupiah. Coba bayangkan berapa pendapatan dari katering dalam 26 hari.

Berikan Nilai Untuk Konten ini