5 Bahan Alami Untuk Mengobati Sakit Gigi berlubang

in
Mengobati Sakit Gigi Berlobang
Mengobati Sakit Gigi Berlobang

Bagaimana cara mengobati sakit gigi berlubang? Gigi berlubang seringkali menyebabkan rasa sakit yang tak tertahankan. Bahkan dapat menganggu aktivitas sehari-hari dan mempengaruhi emosi seseorang. Banyak hal yang dapat menyebabkan sakit pada gigi berlubang, seperti jarang menggosok gigi, kotoran pada gigi yang dibiarkan lama, atau terdapat karies.

Mengatasi masalah ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan obat kimia. Akan tetapi, dibalik penggunaan obat-obat kimia, pasti ada efek samping yang sebagian orang tidak ingin merasakannya. Maka dari itu mereka lebih memilih menggunakan bahan-bahan alami yang tak memiliki efek samping.

Cara mengobati sakit gigi berlubang dengan bahan alami

Bahan-bahan ini sangat mudah untuk ditemukan di sekitar kita. Selain itu, harganya juga terjangkau sehingga kita tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk melakukan perawatan pada dokter gigi.

Benarkah Pasta Gigi Mampu Mengatasi Jerawat?

1. Menggunakan cengkeh

Memanfaatkan Cengkeh Untuk Mengobati Sakit Gigi Berlubang
Memanfaatkan Cengkeh | via https://www.halodoc.com/

Bahan alami pertama yang digunakan untuk mengobati sakit gigi berlubang adalah cengkeh. Memiliki sifat antibakteri, analgesik, dan antiperadangan, cengkeh diyakini mampu untuk mengurangi rasa sakit dan mencegah penyebaran gigi yang berlubang.

Cara mengaplikasikannya sangat mudah, tumbuk cengkeh hingga halus, lalu tambahkan air secukupnya hingga membentuk pasta. Kemudian taruh pada gigi yang berlubang. Selain itu, kamu juga bisa mengunyahnya langsung dan menaruhnya di bawah lidah selama beberapa menit.

2. Mengobati sakit gigi berlubang dengan berkumur air lemon

Berkumur Dengan Air Lemon
Berkumur Dengan Air Lemon | via https://www.halodoc.com/

Cara selanjutnya adalah dengan berkumur menggunakan air lemon. Hal ini karena rasa asam pada air lemon bermanfaat sebagai alkali almi, agar pH pada mulut sama rata. Gigi berlubang disebabkan oleh bakteri yang hinggap pada gigi kita. Nah, air lemon ternyata bersifat antibakteri yang ampuh untuk membasmi bakteri penyebab gigi berlubang.

5 Bahan Alami Ini Ampuh Putihkan Gigi Yang Kuning Loh!

Caranya sangat mudah, hanya berkumur menggunakan air perasan lemon yang telah dicampurkan air hangat secukupnya. Lakukan cara ini sebanyak 3 kali dalam satu hari.

3. Berkumur dengan air garam

Berkumur Dengan Air Garam
Berkumur Dengan Air Garam | via https://titiknol.co.id/

Bahan alami selanjutnya adalah menggunakan air garam, yakni berkumur dengan air garam. Kandungan sodium yang tinggi dipercaya sebagai antiseptic untuk mengatasi mulut bau dan membunuh bakteri.

Caranya masukkan garam secukupnya ke dalam segelas air hangat. Lalu aduk hingga larut, dan yang terakhir berkumurlah setelah sikat gigi. Dijamin bakteri akan hilang dan ampuh untuk mengobati sakit gigi berlubang.

4. Menggunakan bawang merah dan bawang putih

Memanfaatkan Bawang Merah Dan Bawang Putih
Memanfaatkan Bawang Merah Dan Bawang Putih | via https://health.detik.com/

Ya, bawang merah dan bawang putih merupakan bumbu dapur yang sering kita temui. Selain dimanfaatkan sebagai bumbu makanan, bawang merah dan bawang putih juga berkhasiat untuk mengobati sakit gigi berlubang. Keduanya bersifat antiseptic yang dapat membasmi bakteri.

Caranya mudah cukup tumbuk halus satu siung bawang merah dan putih, lalu tambahkan garam secukupnya, dan terakhir oleskan pada bagian gigi yang berlubang.

5. Memanfaatkan es batu

Kompres Dengan Es Batu
Kompres Dengan Es Batu | via https://tirto.id/

Bahan terakhir yang kamu bisa gunakan adalah memanfaatkan es batu. Cara ini sudah sering diaplikasikan dari zaman nenek moyang kita. Cukup dengan mengompresnya, dijamin rasa nyeri pada gigi berlubang akan teratasi.

Gigi Tetap Kuning Meski Rajin Sikat Gigi, Ini Penyebabnya!

Nah itulah penjelasan tentang bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengobati sakit gigi berlubang. Tentu kamu tidak inginkan rasa sakit pada gigi menganggu aktivitas sehari-hari. Maka dari itu, lebih baik kamu mencegahnya daripada mengatasinya.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.