Hati-Hati, Jangan Beli 3 Barang Ini Secara Online!

in
Things Always Buy Online 1068x713
Things Always Buy Online 1068x713

Gak dipungkiri bahwa dalam beberapa tahun terakhir, budaya online, tidak hanya merambah ke rana sosial atau bekerja saja, namun jual beli pun juga sudah dijamah habis-habisan.

Hal ini terbukti dengan semakin bejubel-nya situs jual beli dimana-mana. Alhasil, rata-rata orang saat ini, melakukan proses jual beli apapun itu, hanya melalui layar, mouse dan keyboard saja.

Praktis dan biasanya memang masih segar (fresh from oven). Walau demikian, faktanya gak semua barang atau kebutuhan, aman untuk dibeli secara online. Dan berikut adalah 3 contoh barang yang lebih baik dibeli secara langsung (offline) saja tersebut.

1. Mobil Second

2012 Honda Accord Se Sedan Front Three Quarter
Mobil Bekas | MotorTrend

Bukan hanya masalah untuk memeriksa secara langsung kondisi serta kualitas mobil-nya, namun alasan lain mengapa kita sebaiknya membeli secara offline saja, adalah agar seluruh data-data diri kita yang sensitif tidak bocor di dunia maya.

Walau katakanlah toko online sudah menerapkan proteksi super maksimal ke konsumen-nya, tetap saja, resiko bocor itu tetap ada.

2. Obat-Obatan

Medicine Online1
Minum obat | CuriousMob

Ada alasannya kenapa sampai sekarang kita disuruh untuk beli obat di Apotik saja atau minimal toko yang memang khusus jual obat-obatan.

Karena apabila di toko yang bukan spesialis farmasi atau melalui situs jual obat online, biasanya obat-nya tidak terjamin keamanannya oleh badan farmasi / kesehatan yang bersangkutan.

Tentunya apabila kita nekad dan parahnya, obat tersebut sudah kadaluarsa atau dicampur sama yang “aneh-aneh” akan membahayakan kesehatan. Jadi jangan coba-coba beli obat secara online deh!

3. Kosmetik

Cosmetics
Kosmetik | Virtual Packaging

Hampir serupa dengan obat, kosmetik sangat berbahaya di tubuh jika bahan-bahannya gak terjamin atau sudah di-sah kan oleh departemen kesehatan terkait.

Nah sekali lagi seperti hal-nya obat, kosmetik yang dijual secara online, tidak diketahui secara jelas ke-absahan / kelayakannnya. Dikhawatirkan apabila demikian kejadiannya dan ketika sudah dikenakan, wajah mengalami kerusakan, ya tentunya kosmetiknya tidak akan bisa ditukar lagi.

Nah daripada ngambil resiko yang gak-gak, lebih baik langsung saja deh beli dan coba di toko-nya. Oke guys semoga tips-nya bermanfaat ya!

Berikan Nilai Untuk Konten ini