3 Makanan yang Tidak Baik Dikonsumsi Bersama Soda

in ,
Evxotspb2ctbo1hdcept
Credit Picture: Kumparan

Saat musim panas tiba, minum soda dingin memang merupakan hal yang nikmat. Terlebih lagi, jika memadukan soda dengan susu atau biasa yang dikenal dengan soda gembira.

Tapi campuran soda dengan susu ternyata tidak baik untuk dikonsumsi. Selain itu, ada beberapa makanan dan minuman yang juga sebaiknya tidak dicampur dengan soda untuk dikonsumsi.

Berikut ulasannya!

1. Kopi

A3e5c84a 13f2 4cec 9553 7ceab72f3e9b 169
Kopi | CNN Indonesia

Kopi mengandung kafein, begitu pun juga soda. Jika mengkonsumsi kopi dibarengi dengan soda, maka tingkat kafeinnya akan tinggi.

Seperti dilansir tribunews mengenai batas konsumsi kafein, sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Badan POM No. HK.00.05.23.3644 tentang Ketentuan Pokok Pengawasan Suplemen Makanan menyatakan, batas konsumsi kafein maksimum adalah 150 mg/hari dibagi minimal dalam 3 dosis.

Kopi dapat mengandung 50-200 mg kafein per cangkirnya, lalu soda mengandung 32 – 42 mg kafein per kaleng dengan volume 350 ml.

Sementara itu menurut Eric Gentges, peneliti dari International Life Sciences Institute (LSI), batas konsumsi aman kafein adalah maksimal 400 mg per hari. Penelitian ini dipublikasikan di jurnal Food and Chemical Tpxicology.

ARTIKEL TERKAIT •
Ini Pertanda Jika Anak Akan Menjadi Psikopat Ketika Dewasa

Jika kita kelebihan mengkonsumsi kafein, hal itu berdampak pada tubuh kita seperti mual, pusing, bahkan rasa ingin pingsan. Mengonsumsi kafein dalam jumlah yang banyak di waktu yang singkat juga memengaruhi kinerja jantung.

2. Makanan Pedas

Ilustrasi Makanan Pedas
Makanan pedas | Tribunews

Makanan pedas dapat menaikkan temperatur tubuh kita, karena makanan pedas mengandung cabai. Jika mengonsumsi makanan pedas bersama dengan soda, kandungan pada soda bisa berubah menjadi asam sulfur pada temperatur tubuh yang tinggi.

3. Makanan yang Terbuat Dari Susu

029195400 1460459978 Berrykitchen
Pie Susu | Liputan6

Selain susu, makanan yang terbuat dari susu seperti kue juga sebaiknya tidak dikonsumsi bersama soda. Ketika makanan yang terbuat dari susu dan soda sampai ke perut, hal itu akan menghasilkan keasaman yang mengganggu pencernaan dan mengakibatkan kram perut.

Susu dan soda juga bisa berubah menjadi endapan jika dicampur ke dalam tubuh, dan membuat kinerja ginjal menjadi berat.

Berikan Nilai Untuk Konten ini