6 Bahan Alami yang Bisa Menghilangkan Pedas

in
Tips Cara Tak Biasa Atasi Kepedasan
Credit Image: Female News

Tak sedikit orang yang doyan pedas, namun tak tahan dengan sensasi pedasnya. Indonesia sendiri terkenal dengan makanan-makanan pedasnya. Nah, bagi kalian yang suka pedas namun terkadang tak tahan dengan pedasnya, 6 bahan alami ini mungkin bisa menjadi alternatif untuk mengurangi sensasi pedas tersebut.

1. Susu

Minum Susu
Minum Susu | MyMilk

Susu memiliki sifat yang bisa menetralkan kapsaisin dalam cabai. Kapsaisin merupakan enzim yang terkandung dalam cabai yang menyebabkan sensasi pedas.

Biarkan susu di dalam rongga mulut yang kepedasan untuk beberapa saat, tahan hingga rasa pedas dirasa berangsur berkurang. Lakukan cara tersebut berulang hingga pedasnya hilang.

2. Gula dan Garam

Gula Dan Garam
Gula Dan Garam | KlikDokter

Dua bahan ini sangat mudah ditemukan, pasti di dapur kalian terdapat dua bahan ini. Cara menghilangkan pedas dengan garam yaitu, dengan meletakkan garam di bawah lidah, kemudian diamkan hingga meleleh.

Sementara menghilangkan pedas dengan gula, caranya cukup mengemutnya hingga rasa pedas berkurang.

3. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis
Jeruk Nipis | Prelo

Hmm untuk bahan yang satu ini, memang akan sedikit menimbulkan efek yang lain sih. Yup, kalian harus menghisap irisan jeruk nipis untuk menghilangkan rasa pedas.

ARTIKEL TERKAIT •
Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan Oleh Tubuh untuk Mencerna Makanan?

Tentu saja, rasa kecut luar biasa akan kalian rasakan sensasinya.

4. Nasi

Nasi Putih
Nasi Putih | Wikipedia

Cara menghilangkan pedas dengan nasi merupakan cara kuno namun memang terbukti ampuh. Kunyahlah gumpalan nasi dengan waktu yang cukup lama hingga rasa pedas berangsur berkurang.

Cara dengan menggunakan nasi ini bisa menghilangkan pedas di mulut dan lidah.

5. Air Hangat

Air Hangat
Air Hangat | Muslim Obsession

Dibandingkan air dingin, minum air hangat lebih ampuh menghilangkan sensasi pedas di mulut. Meskipun kalian harus siap terhadap efeknya.

Mulut yang sudah kepedasan, akan terasa semakin memanas untuk sementara waktu ketika kita minum air hangat saat kepedasan.

Rasa pedas akan mereda setelah beberapa kali tegukan air hangat.

6. Selai Kacang

Selai Kacang
Selai Kacang | Orami Parenting

Selai kacang juga bisa mnegurangi rasa pedas. Selai kacang mengandung lemak yang dapat mengikat enzim kapsaisin. Selain itu, selai kacang juga memiliki rasa yang manis, sehingga fungsinya juga akan sama dengan fungsi gula sebagai penghilang rasa pedas.

Kalian bisa menghisap selai kacang secara perlahan hingga sensasi pedas di mulut berkurang dan hilang.

ARTIKEL TERKAIT •
Ini 4 Penyakit yang Menyebabkan Sakit Perut Setelah Makan

Berikan Nilai Untuk Konten ini