Apakah Steak Daging Sapi yang Belum Matang Aman untuk Dikonsumsi?

in
Steak
Credit Image: Hello Sehat

Berbeda dengan steak daging ayam, steak daging sapi bisa disesuaikan tingkat kematangannya. Biasanya steak daging sapi memiliki dua opsi, yaitu yang masih belum matang atau steak daging sapi yang sudah matang.

Nah, kira-kira amankah steak daging sapi yang belum matang untuk dikonsumsi?

Mengonsumsi daging mentah

Makanan yang mentah atau belum matang, pada dasarnya bisa meningkatkan risiko penyakit pada manusia. Namun hal itu juga bergantung pada kesegaran makanan tersebut.

Misalnya saja pada daging, yaitu bagaimana daging itu dipotong, disimpan, dan disajikan. Karena daging berasal dari hewan, hewan sendiri memiliki parasit dan kandungan mikroba yang berbeda pada tubuhnya.

Nah, parasit dan mikroba tersebut ada yang berbahaya bagi manusia. Oleh karena itu risiko penyakit pada manusia yang mengonsumsi daging mentah, sangat bergantung pada pengolahan daging tersebut.

Apakah Aman Makan Daging Sapi yang Belum Matang?

Sapi memiliki bakteri yang cenderung menghuni bagian lambungnya. Daging sapi yang dikonsumsi manusia, biasanya merupakan daging di bagian dekat otot. Meskipun demikian, proses pemotongan sapi pun juga bisa mempengaruhi.

ARTIKEL TERKAIT •
Perbedaan Mentega dan Margarin

Oleh karena itu bagian permukaan pada daging sapi bisa mengandung bakteri. Bagian permukaan daging yang dimasak matang akan membunuh bakteri dan parasit yang ada, meskipun bagian tengah daging masih mentah, daging masih aman dikonsumsi.

Bakteri tidak bisa masuk ke bagian dalam daging yang padat. Pemasakkan steak daging sapi, memiliki tingkat kematangan tertentu. Jika bagian permukaannya matang, daging tetap aman dimakan meskipun bagian tengahnya mentah.

Lain halnya jika daging digiling, kuman dan bakteri yang ada akan tercampur ke bagian daging yang lain. Jika menggiling daging, maka daging tersebut harus dimasak sampai matang sebelum dikonsumsi.

Namun dalam budaya tertentu, ada menu makanan dari daging yang menggunakan daging sapi giling yang masih mentah, contohnya saja beef tartare.

Koreansteaktartare
Source Image

Sapi yang hanya memakan rumput selama dibesarkan, dikatakan lebih aman dibandingkan sapi yang tumbuh dengan kondisi padat dan tidak hanya makan biji-bijian.

Daging ikan mentah aman dikonsumsi

Ikanmentahluar
Source Image

Daging ikan biasanya tidak membawa bakteri yang membahayakan manusia, oleh karena itu daging ikan dinilai aman. Pada dasarnya, ikan yang disimpan dalam keadaan beku yang memiliki suhu yang cukup dingin, dapat membantu membunuh bakteri dan parasit jika terdapat pada daging ikan.

ARTIKEL TERKAIT •
Bukan Sayuran, 6 Bahan Makanan Ini Ternyata Termasuk Buah

Oleh karena itu, olahan daging ikan mentah seperti sushi, aman untuk dikonsumsi, karena penyajian dan pengolahannya tentu saja disajikan dengan cara yang tidak membuat manusia sakit.

Daging ayam, tidak boleh dikonsumsi jika belum matang. Karena daging ayam bisa membawa bakteri hidup seperti Salmonella atau E.coli.

Berikan Nilai Untuk Konten ini