Apakah Telur Setengah Matang Baik untuk Dikonsumsi?

in ,
Telur Setengah Matang
Credit Image: Dream.co.id

Tak sedikit orang yang menggemari telur setengah matang. Telur yang kuningnya tidak padat dan terkesan kental ini memiliki kelezatan yang berbeda menurut sebagian orang.

Teksturnya yang sedikit cair, memberikan sebuahkenikmatan tersendiri bagi penikmatnya. Namun, apakah telur setengan matang baik untuk dikonsumsi?

Apakah aman?

Telur memang mengandung protein, vitamin, dan mineral, bahkan asam lemak omega-3 terdapat di dalamnya. Semua kandungan yang bisa dikatakan kompleks ini tidak akan ditemui pada makanan lain.

Bahkan jika diibandingkan dengan daging, ternyata telur merupakan sumber protein hewani yang terbaik sekaligus termurah. Telur juga mengandung kolin, yaitu zat yang baik untuk otak. Kolin berfungsi untuk membangun membran sel, dan membantu memproduksi molekul sel dalam otak.

Nah, pakar kesehatan mengatakan bahwa telur mengandung bakteri Salmonella yang dapat membahayakan tubuh. Jika telur tidak dimasak dengan benar dan matang, ditakutkan tubuh akan terinfeksi bakteri tersebut.

Bahaya Infeksi Salmonella

Bukan hanya anak-anak, bahkan orang dewasa pun dianjurkan untuk tidak mengonsumsi telur setengah matang. Orang yang memiliki sistem imun yang rendah seperti lansia, dan anak-anak akan rentan infeksi bakteri salmonella yang bisa menyebabkan sakit.

ARTIKEL TERKAIT •
Meskipun Tidak Dibuahi Ayam Jantan, Ayam Betina Tetap Bisa Bertelur

Menurut Badan POM Amerika Serikat (FDA) setiap tahunnya ada 142.000 kasus infeksi Salmonella karena disebabkan oleh telur yang terkontaminasi. Bahkan keracunan makanan paling umum disebabkan oleh infeksi salmonella dari telur.

Telur yang dimasak dengan benar dan matang akan membunuh bakteri salmonella karena panas dari proses memasak tersebut. Lalu, telur yang tidak dimasak dengan benar dan matang, memungkinkan menularkan bakteri salmonella untuk tetap tinggal dan menginfeksi tubuh kita.

Infeksi salmonella membuat tubuh kita menimbulkan gejala yang mirip dengan keracunan makanan. Gejala tersebut meliputi perut kram, mual, muntah, diare, sakit kepala, hingga demam.


Nah, itulah penjelasan aman tidaknya jika kita mengonsumsi telur setengah matang. Ternyata, memang dianjurkan sebaiknya kita mengonsumsi telur yang sudah matang, agar risiko terkena infeksi bakteri salmonella akan minim.

Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan, makanlah telur yang sudah matang ya, Gaes!

Berikan Nilai Untuk Konten ini