Dalam Setahun Konsumsi Kimchi di Korea Selatan Capai 1,5 Miliar Ton, Berikut Makna Kimchi bagi Masyarakat Korea

in
Kimchi
Kimchi | Credit Image: Dream

Kimchi merupakan salah satu makanan khas Korea yang sudah terkenal di dunia. Makanan ini hampir selalu disajikan oleh masyarakat Korea ketika mereka makan. Bukan hanya makanan fermentasi yang menyehatkan, namun makanan ini juga memiliki makna tersendiri bagi masyarakat Korea.

Makna Kimchi bagi Orang Korea

Makan Kimchi
Makan Kimchi | Lazada

Diperkirakan sayuran yang difermentasi sudah ada sejak 3.000 tahun yang lalu. Saat itu, mentimun dipotong dan difermentasi setelah diberi bumbu.

Menurut situs berita Universitas Hanyang Korea, NewsH, yang kami kutip dari situs bobo, apapun jenis sayurannya yang difermentasi dengan bumbu, sudah bisa disebut dengan kimchi. Oleh karena itu, tidak mudah menentukan kapan tepatnya kimchi pertama kali ditemukan.

Di zaman sekarang, kimchi cenderung terbuat dari kubis. Resep ini diduga berasal dari zaman Korea kuno, yaitu sebelum masa Tiga Kerajaan (37 Sebelum Masehi – 7 Masehi). Namun pada abad ke-16, kimchi yang memiliki bumbu merah baru dikenal.

Bagi masyarakat Korea, kimchi merupakan makanan simbol kebangaan negara dan makanan yang menunjukkan nasionalisme. Dikutip dari situs Culture Trip, dalam setahun jumlah konsumsi kimchi di Korea bisa mencapai 1,5 miliar ton.

ARTIKEL TERKAIT •
Cita Rasa Beras Korea Selatan, Yuk Dicoba

Nilai fantastis tersebut disebabkan makan kimchi merupakan gaya hidup masyarakat Korea. Artinya, sebisa mungkin di rumah orang Korea selalu ada persediaan kimchi. Salah satu untuk menjaga dan melestarikan tradisi, di Korea anak-anak sudah dibiasakan untuk makan kimchi.

Sejarah Pembuatan Kimchi

Dulu, para leluhur masyarakat Korea menemukan metode untuk mengawetkan makanan agar tidak membusuk terutama pada saat musim dingin. Mereka awalnya mengeringkan bahan makanan, lalu mereka juga menemukan metode fermentasi yang juga bisa mengawetkan makanan.

Di musim dingin, mereka lebih banyak membutuhkan persediaan sayuran, karena sayur tidak tumbuh saat musim dingin. Seperti yang kami lansir dari situs bobo, awalnya kimchi dicelupkan dalam garam di dalam sebuah kendi tembikar, yang kemudian dikubur di bawah tanah.

Orang Korea sama seperti kita, yaitu menjadi nasi sebagai makanan pokok sumber karbohidrat, mereka juga membutuhkan vitamin dengan mengonsumsi sayuran. Karena itulah lama kelaman membuat kimchi menjadi umum dilakukan di Korea.

Menjaga Tradisi Membuat Kimchi

Kimjang
Kimjang | TuREZ

Ada sebuah budaya di Korea yang disebut dengan “kimjang”, yaitu sebuah tradisi di mana orang Korea membuat kimchi bersama-sama.

ARTIKEL TERKAIT •
10 Rekomendasi Mie Instan Ramen Terenak

Biasanya festival ini dilakukan oleh para tetangga sambil menjaga solidaritas, juga rasa saling memiliki. Tidak lupa juga, resep membuat kimchi juga diturunkan dari generasi ke generasi.

Berikan Nilai Untuk Konten ini