Cara Ampuh Membuat Nasi Putih Tidak Cepat Basi

in
Cara Ampuh Nasi Tidak Cepat Basi
Cara Ampuh Nasi Tidak Cepat Basi

Sebagaimana diketahui, nasi putih adalah makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Karena itulah, tak sedikit yang menganggap jika belum makan nasi, berarti itu tandanya belum makan.

Nasi dapat diolah ke berbagai jenis makanan lainnya, seperti menjadi nasi goreng, nasi liwet, nasi uduk, dan masih banyak lagi. Cara memasak nasi pun sangat mudah saat ini.

Jika menggunakan peralatan modern, bisa memanfaatkan rice cooker. Jika menggunakan peralatan tradisional, bisa memakai pengukus nasi. Akan tetapi, nasi bisa menjadi basi. Dengan adanya tanda seperti berair, bau, dan lembek. Jika sudah menunjukkan tanda-tanda itu, maka tentunya nasi tidak bisa dikonsumsi lagi.

Nah, pada penjelasan kali ini, akan dibahas bagaimana mengatasi nasi menjadi basi setelah dimasak. Lakukan cara ini dengan baik ya.

1. Jangan sampai nasi menjadi basah

Jangan Nasi Dalam Keadaan Basah
Jangan Nasi Dalam Keadaan Basah | via https://www.primarasa.co.id/

Sudah dijelaskan diatas, bahwa tanda nasi menjadi basi jika keadaannya basah. Salah satu penyebab nasi dalam keadaan basah bisa karena tetesan uap air dari proses nasi dimasak tersebut.

Uap air tesebut timbul karena nasi yang sudah matang di rice cooker atau alat pengukus nasi yang tidak dibersihkan. Dampaknya, uap air dari proses pemasakan nasi tadi akan menetes ke nasi.

ARTIKEL TERKAIT •
Apakah Benar Nasi yang Dipanaskan Selama 12 Jam Bisa Menjadi Racun?

Jauhi Beberapa Penyebab Tenggorokan Sulit Menelan Ketika Makan Atau Minum

Untuk mencegahnya ialah setelah nasi sudah matang, angkat penutup atau kepala rice cooker atau pengukus nasi agar uap air bisa keluar dan tidak membasahi nasi. Sehingga nasi akan tetap kering dan dapat bertahan lama.

2. Nasi harus matang ketika dimasak

Nasi Harus Matang
Nasi Harus Matang | via https://shopee.co.id/

Kita tahu, jika nasi sudah dalam keadaan matang maka tanda pada rice cooker akan berubah dari yang awalnya dalam keadaan cook akan berubah menjadi keadaan warm.

Perlu diingat nih, setelah nasi baru matang, jangan langsung memakannya. Karena nasi tersebut belum matang sepenuhnya. Bisa dilihat teksturnya masih dalam keadaan basah.

Karen hal itulah bisa mengakibatkan nasi cepat basi. Setidaknya tunggulah sekitar 10 menit setelah tanda cook berubah menjadi warm. Setelah itu, baru lah kita bisa melahapnya.

3. Panaskan nasi seutuhnya

Panaskan Nasi Dengan Sempurna
Panaskan Nasi Dengan Sempurna | via https://gokepri.com/

Tidak sedikit orang yang ketika nasi sudah matang di rice cooker lalu mereka menghangatkan kembali nasi tersebut di kompor. Tujuannya ya agar nasi tidak menjadi basah.

ARTIKEL TERKAIT •
Cara Memasak Devil Cooked Rice, Inovasi Baru Nasi Campur Ayam KFC, Cocok Untuk Anak Kost!

Namun, kamu harus menghangatkannya dengan sempurna. Jangan hanya pada bagian permukaan-permukaannya saja. Kamu harus memerhatikan juga bagian terdalamnya.

Nasi yang tidak dipanaskan secara utuh, akan membuat nasi menjadi cepat basi.

Sebaiknya Tidak Mengkonsumsi Tiga Makanan Ini Bersama Soda

4. Gunakan sendok yang bersih

Pastikan Pakai Sendok Yang Bersih
Pastikan Pakai Sendok Yang Bersih | via https://intisari.grid.id/

Tidak sedikit orang yang meremehkan hal ini. Kita harus menggunakan sendok yang bersih ketika ingin menanaknya atau memindahkannya ke piring. Hal ini dilakukan agar kuman atau bakteri pada sendok tidak ada, agar nasi tidak tercemari olehnya.

Selain itu, jika kita menggunakan sendok bekas yang telah terkena lauk pauk. Itu akan membuat nasi menjadi cepat basi.

Nah, iitulah penjelasan mengenai cara ampuh agar nasi tidak cepat basi. Kamu tidak mau kan harus rugi, jika membuang-buang nasi? Karena diluar sana banyak orang yang tidak bisa makan nasi. Makka dari itu, perhatikan juga hal sekecil ini.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.