Ternyata Bagian Pada Buah-Buahan Ini Mengandung Racun

in ,
Potongan Apel Bebaspedia
ilustrasi | lifestyle.okezone.com

Selain menyegarkan, buah-buahan memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh kita. Namun perlu kita tahu, ternyata ada bagian-bagian tertentu pada buah yang biasa kita konsumsi, mengandung racun yang cukup berbahaya.

Apel

Apel
Apel | faktualnews.co

Bagian buah apel yang mengandung racun terdapat pada bijinya. Biji apel mengandung zat amygdalin. Amygdalin merupakan racun glikosida yang memproduksi hidrogen sianida jika dikombinasikan oleh enzim gastrointestinal/pencernaan.

Jika kalian mendengar kata sianida, tentu saja apa yang kalian bayangkan adalah racun yang sangat mematikan. Memang benar, biji pada apel mengandung racun tersebut dan bisa berbahaya jika dalam jumlah banyak tertelan oleh tubuh.

Jika hanya satu atau dua biji, kalian tak perlu khawatir. Dan zat amygdalin yang terkandung pada biji apel hanya sedikit, selain itu untuk mengubahnya ke bentuk sianida, kalian harus mengunyahnya.

Persik

Buah Persik
Persik | Source

Sama seperti apel, biji pada buah persik juga mengandung zat amygdalin yang berbahaya jika dikombiansikan enzim gastrointestinal atau pencernaan. Ia akan berubah menjadi zat sianida. Sebaiknya pisah dahulu biji buah persik sebelum mengkonsumsinya.

ARTIKEL TERKAIT •
3 Jenis Masker Mulut yang Perlu Kamu Ketahui

Selain pada biji, batang dan daun pada buah ini juga mengandung sianida. Buahnya juga mengandung protein yang bisa menyebabkan alergi pada beberapa orang.

Tomat

Kandungan Racun Pada Tomat
Tomat | Alodokter

Sama seperti buah persik, batang dan daun pada tomat mengandung zat yang cukup berbahaya, yaitu glycoalkaloid. Bahkan pada tomat yang masih hijau pun terdapat zat tersebut.

Zat ini bisa menyebabkan sakit perut, gugup, dan pada takaran tertentu dapat menyebabkan gangguan sistem saraf pusat. Karena itu, dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi tomat mentah secara berlebihan.

Ceri

Racun Pada Buah Ceri Bebaspedia
Ceri | Merdeka.com

Di balik manfaatnya yang sangat baik bagi tubuh, ternyata pada ceri juga terdapat bagian buahnya yang beracun. Sama seperti apel dan persik, racun pada buah ceri terletak di bijinya. Adalah zat amygdalin, yang dapat memproduksi hidrogen sianida jika tercampur oleh enzim pencernaan dalam perut.

Namun kita tak perlu terlalu khawatir, kini telah banyak buah ceri yang dijual dengan tanpa biji.

Itulah beberapa bagian buah yang mengandung zat-zat berbahaya bagi tubuh. Sebelum mengkonsumsinya, harap diingat dan berhati-hati terhadap bagian-bagian tersebut ya!

ARTIKEL TERKAIT •
Betulkah Bangun Tidur Lebih Awal Dapat Membuat Lebih Produktif?

Berikan Nilai Untuk Konten ini