Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Terciprat Minyak

in
Ikan Goreng Tidak Lengket
Credit Picture: Dunia Masak

Menggoreng ikan bahkan masih terasa sulit bagi orang dewasa sekalipun. Yup, alasannya ialah minyaknya yang nyiprat-nyiprat. Bukan hanya panas, namun terasa pedih jika cipratan minyak goreng terkena kulit kita.

Selain itu, jika kita tidak tepat dalam cara menggoreng ikan, ikan yang kita goreng juga akan menempel di wajan, alhasil ikan yang kita goreng akan hancur dan masakan kita gagal.

Berikut ini beberapa tips cara menggoreng ikan yang benar dan aman!

Agar ikan tidak lengket di wajan

Menggoreng Ikan
Menggoreng Ikan | cookpad

Sebenarnya lengket tidaknya ikan, juga dipengaruhi oleh jumlah minyak goreng yang digunakan. Jika terlalu sedikit, ikan yang kita goreng akan lengket di wajan, sebaiknya gunakan minyak goreng dengan intensitas yang cukup banyak hingga minyak membasahi seluruh bagian ikan saat digoreng.

Selain itu, bumbu yang digunakan untuk membubui ikan juga berpengaruh atas lengket tidaknya ikan di wajan. Campuran gula dengan kecap juga ketika dipanaskan akan menghasilkan adonan seperti karamel, dan ini bisa membuat ikan lengket di wajan.

ARTIKEL TERKAIT •
Ikan Tidur Juga Tidak Ya?

Saat menggorengnya pun, pastikan sisi yang terkena panas secara langsung biarkan cukup matang baru kemudian ikan dibalik. Jika membolak-balikan ikan yang masih belum cukup matang, akan mengahancurkan kulit dan daging ikan, sehingga ikan akan lengket di wajan.

Untuk yang lebih amannya lagi, gunakan wajan anti lengket. Wajan ini didesain untuk mengurangi resiko ikan lengket pada alat penggorengan.

Menghindari cipratan minyak

Takut Cipratan Minyak Saat Menggoreng
Takut Cipratan Minyak Saat Menggoreng | Hipwee

Minyak panas menyiprat karena ikan merupakan adonan yang basah. Sebelum menggorengnya, pasti kita akan membubui ikan tersebut, dan mencucinya terlebih dahulu.

Setelah mencuci dan membumbuinya, pastikan ikan tidak terlalu basah. Tiriskan dahulu sebentar untuk mengurangi kadar air pada ikan.

Setelah itu, ketika menggoreng ikan sebaiknya gunakan api yang sedang dan tidak terlalu besar, selain agar ikan matang dengan sempurna dan rata, hal tersebut juga bisa mengurangi cipratan minyak.

Mencampur tepung saat menggoreng juga dapat mengurangi cipratan pada minyak goreng saat menggoreng ikan. Sebelum kita memasukan adonan ikan ke penggorengan, taburkan tepung terigu secukupnya pada minyak yang sudah cukup panas.

ARTIKEL TERKAIT •
Oarfish Deteksi Gempa dan Tsunami?

Berikan Nilai Untuk Konten ini