Dari Orang Bati Hingga Cindaku, Berikut 5 Makhluk Mitologi Indonesia

in
Cindaku
Credit Image: Indozone

Banyak peradaban kuno di dunia yang memiliki mitologinya sendiri-sendiri. Bahkan tak jarang makhluk mitologi negeri satu dengan makhluk mitologi negeri lainnya saling terhubung literaturnya.

Seperti Feniks atau Phoenix yang merupakan burung mitologi asal Mesir, memiliki literasi yang hampir serupa dengan Anqa’ makhluk mitologi asal Arab. Selain itu, Romawi kuno dan Yunani kuno memiliki mitologi yang masih satu literatur. Bangsa Romawi memiliki mitologinya sendiri, namun tidak banyak. Hal sehingga mereka mengadopsi mitologi Yunani.

Dalam mengadaptasi mitologi Yunani, bangsa Romawi mengubah nama-nama tokoh di dalam mitologi Yunani. Misalnya nama Ares menjadi Mars, Zeus diubah menjadi Jupiter, Athena menjadi Minerva, Poseidon menjadi Neptunus, Kronos menjadi Saturnus dan lain-lain.

Nah, kali ini kita akan membahas makhluk mitologi yang berasal dari Indonesia. Dengan keberagaman budaya dan tradisinya, sebenarnya cukup banyak makhluk-makhluk mitologi yang terdapat dalam literatur negara kita.

1. Orang Bati

Orangbati
Ilustrasi Orang Bati | cryptidz.fandom

Orang bati digambarkan dengan sosok kera yang memiliki sayap kelelawar. Konon katanya, ia hidup di Gunung Kariatu, Pulau Seram, Maluku.

Makhluk ini ditakuti karena konon suka menculik anak-anak ketika malam hari tiba. Sebenarnya Orang bati bisa dibilang masih bersinggungan dengan kriptozoologi, karena eksistensinya tersembunyi dan memiliki wujud serupa makhluk hidup pada umumnya.

2. Lembuswana

Lembuswana
Lembuswana |asatechinfo.blogspot.com

Tubuhnya mirip seperti kuda, namun memiliki sisik. Memiliki kepala seperti singa, dan belalai seperti gajah. Lalu makhluk ini juga memiliki sayap layaknya burung.

Konon, makhluk ini merupakan penjaga suci Sungai Mahakam di Kutai sana. Selain itu, beberapa literatur menyebutkan terdapat kepercayaan bahwa Lembuswana merupakan tunggangan Raja Mulawarman.

Tak hanya itu, sejak ribuan tahun silam, Lembuswana merupakan lambang Kerajaan Kutai Kartanegara, di Kalimantan.

3. Kuda Sembrani

Mustika Kuda Sembrani
Ilustrasi kuda sembrani | Sumber gambar

Kuda sembrani digambarkan kuda bersayap. Konon, kuda sembrani adalah tunggangan raja-raja terdahulu yang memiliki kesaktian.

Kuda ini dapat terbang dan melaju dengan sangat cepat dalam sekejap. Dikatakan, kuda ini merupakan kuda mistik atau ghaib, terkadang juga dijadikan tunggangan para jin-jin.

Meskipun berbeda literatur, sekilas kuda sembrani hampir serupa dengan kuda pegasus asal Yunani kuno.

4. Garuda

Garuda | Indozone

Wujudnya digambarkan seperti manusia berkepala burung dan memiliki sayap yang besar. Ketika ia terbang, sayapnya mampu menutupi pancaran sinar matahari. Hampir serupa dengan mitologi Anqa’ dari Arab, yang ketika ia membentangkan sayapnya, sinar matahari diceritakan terutupi juga.

Konon, Garuda merupakan tunggangan Dewa Wisnu. Dan Garuda merupakan makhluk paling terkenal di Indonesia.

5. Cindaku

Cindaku
Ilustrasi Cindaku | Sumber Gambar

Cindaku dipercaya merupakan manusia yang memiliki ilmu untuk merubah dirinya menjadi harimau. Bisa dibilang Cindaku ini harimau yang berjalan dengan dua kaki.

Makhluk ini berasal dari Gunung Keranci, konon hanya orang-orang yang memiliki darah murni leluhur Cindaku dan spritual yang kuat yang mampu menguasai ilmu tersebut.