Apa Perbedaan Super Sentai dan Power Rangers?

in ,
90fc882c1039a33da26e624fb7e64710 1
Super Sentai Series

Serial Super Sentai (スーパー戦隊シリーズ Sūpā Sentai Shirīzu) (Super Sentai Series) adalah judul kolektif untuk semua serial tokusatsu produksi Toei Company Ltd., TV Asahi dan Bandai yang memunculkan berbagai jenis sentai.

Pertama kali mengudara di stasiun televisi Jepang pada tahun 1975, serial Super Sentai merupakan salah satu tokutsasu yang paling dikenal selain Serial Ultra, Serial Kamen Rider, Serial Metal Hero dan Power Rangers di Amerika Serikat.

Meski demikian, Super Sentai tak hanya sekadar serial televisi, melainkan telah menjadi fenomena multimedia internasional dengan berbagai produk, seperti: film, manga, permainan video, pertunjukan aksi hidup di atas panggung, dan iklan.

Sampai saat ini sudah ada kurang lebih 42 serial TV dengan 1750 episode Super Sentai. Yang terlaris adalah Himitsu Sentai Goranger, dan Kaizoku Sentai Gokaiger.

Serial ini masuk ke Indonesia pada tahun 1980-an, 1990-an di TVRI Jawa Timur dan diputar di Indosiar dan RCTI.


Power Rangers

Power Rangers merupakan sebuah serial televisi yang diadaptasi dari serial aksi Jepang, Super Sentai. Ditayangkan oleh Fox Kids pada tahun 1993-2002, American Broadcasting Company pada tahun 2003-2009 dan Nickelodeon pada tahun 2011-sekarang.

Tayangan ini pertama kali ditayangkan pada tanggal 28 Agustus 1993 hingga sekarang. Film ini terdiri dari 22 musim dengan lebih dari 800 episode. Haim Saban adalah sang kreator sekaligus produser eksekutif serial TV ini sejak 1993-2002 dan 2011-sekarang.

Di Indonesia, serial TV ini pertama kali ditayangkan oleh RCTI pada tahun 1995-1998 disusul Indosiar pada tahun 1999-sekarang. Serial ini juga ditayangkan Spacetoon, dan TVRI Jawa Timur.


Saban Membeli Lisensi Super Sentai

Saban yang membeli lisensi Super Sentai, jadi bukan pihak Toei yang menawarkan lisensi Super Sentai pada pihak Saban dan diadaptasi agar terkenal diseluruh dunia, karena pihak Toei sendiri tidak terlalu memperhatikan apakah serial Super Sentai bisa terkenal sampai keluar jepang.

Yang penting bisa mendapat untung yang besar dari serial Super Sentai di dalam negeri saja sudah cukup bagi mereka saat itu.

Mungkin di indonesia sendiri lebih mengenal Power Rangers karena memang Power Rangers yang lebih dulu tayang di TV swasta Indonesia.

Sebenarnya serial Super Sentai sudah populer di Amerika pada tahun 80an. Kepopuleran Super Sentai di Amerika ini membuat Marvel mencoba mengadaptasi Super Sentai menjadi serial versi Barat, namun siaran ini ditolak oleh berbagai stasiun TV di sana.

Kyōryū Sentai Zyuranger / Mighty Morphin Power Rangers (MMPR)

Hingga akhirnya Haim Saban membeli lisensi dari Super Sentai dan mengadaptasi serial Kyōryū Sentai Zyuranger menjadi Power Ranger. Mereka tidak membuat ulang dari awal, melainkan menggabung-gabungkan banyak adegan pertarungan (hingga pertarungan dengan menggunakan zord) dari serial Sentai tersebut dengan dubbing dari tokoh barat.

Shuriken Sentai Ninninger / Power Rangers Ninja Steel

Dan serial ini bisa dikatakan sukses karena franchisenya masih terus ada hingga saat ini, dan Saban berencana ke depan untuk mengadaptasi serial dari Shuriken Sentai Ninninger.


wikipedia

akuzaxii

rangers/sentai wikia

[zombify_post]

Tinggalkan Balasan

Participant

Aldino Akbar Rabkanastan

Still trying to learn english, mandarin and русский
Fall in love with Central Asia and Caucasus

Content AuthorYears Of Membership