5 Cara Mintak Maaf Secara Dewasa Ketika Berbuat Salah

in
5 Cara Mintak Maaf Secara Dewasa Ketika Berbuat Salah https://www.kompasiana.com/
5 Cara Mintak Maaf Secara Dewasa Ketika Berbuat Salah https://www.kompasiana.com/

Masalah meminta maaf bukanlah hal mudah, terutama jika kesalahan yang diperbuat terlalu besar, kadang butuh kedewasaan dalam bersikap untuk mengesampingkan ego demi mengakui kesilapan kita dengan meminta maaf.

Permintaan maaf bukanlah sebuah permainan, tidak mudah untuk meminta maaf. Terkadang pada akhirnya kita perlu berdamai dengan kata “maaf”, bukan hanya untuk membuat hati orang yang disalahi sedikit lega. Permintaan maaf juga bisa membuat kita terbebas dari tekanan rasa bersalah.

Tips dewasa meminta maaf

Berikut ini adalah beberapa cara mintak maaf secara dewasa ketika berbuat salah.

1. Berlatih meminta maaf

Fc6bbc5d55c296c2367b540b278c8373
Berlatih meminta maaf beritagar.id

Berlatihlah untuk mengatakan maaf terlebih duhulu, samapi kamu merasa nyaman sebelum menyatakan maaf kepada rekanmu. Ini bisa membantu kamu secara sempurna untuk menyampaikannya pada temanmu nanti. Setidaknya kamu memiliki rangkaian garis besar atas permintaan maaf yang ingin kamu ucapkan pada teman.

Baca permintaan maafmu dengan lantang agar kamu dapat mendengarnya sendiri ketika itu diucapkan. Berdiri di depan kaca jika perlu. Baca berulang kali sampai kamu bisa tahu bagian yang tedengar canggung atau aneh sehingga dapat memperbaiki bagian itu.

ARTIKEL TERKAIT •
6 Cara Mengkritik Orang Secara Santun, Dijamin Nggak Tersinggung

 2. Minta maaf secara langsung

Fullsizephoto1085861 5c38d08711050040cfe5523f536e7763 600x400
Minta maaf secara langsung www.idntimes.com

Cara yang kedua, minta maaf secara langsung dengan bertatap muka ini adalah cara yang tepat. Kamu bisa menjawab berbagai pertanyaan yang temanmu lontarkan atau menjelaskan yang perlu kamu jawab dan jelaskan.

Cara ini bisa menyesuaikan dengan permintaan maafmu dengan situasi yang sedang terjadi.

3. Tempatkan diri pada posisi lawan

Ilustrasi Meminta Maaf Ke Pacar
Ilustrasi Meminta Maaf Ke Pacar www.tipspengembangandiri.com

Ini merupakan perangkap untuk bisa minta maaf secara dewasa ketika berbuat salah. Terkadang sebagian orang tidak bisa merasakan apa yang orang lain rasakan. Kesulitan menempatkan diri di posisi orang lain, kamu tidak dapat mengalami sesuatu dengan cara yang sama seperti yang dialami oleh orang lain.

Kemampuan kamu untuk membayangkan perasaan orang lain dan mintaklah maaf secara tulus, sadar akan kesalahan yang telah terjadi. Sebab yang mengalami bukanlah kamu, tapi lawan bicara.

4. Sadari kesalahanmu, berani bertanggungjawab atas tindakanmu itu

541953 650 1
Sadari kesalahanmu cantik.tempo.co

Cara yang keempat, kamu harus berani mengakui kesalahanmu dan menyadari kalau kata atau perbuatanmu telah menyakiti temanmu.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Kunci Memiliki Keluarga Bahagia

Tidak peduli situasinya, mintak maaf secara dewasa kamu harus mengakui kalau kamu telah melakukan kesalahan dan bertanggung jawab penuh pada kata-kata atau perbuatan yang telah kamu lakukan itu.

Jangan pernah berbagi kesalahan dengan orang lain atau mencari-cari alasan untuk menghindarinya dan menyalahkan orang lain.

5. Tuliskan permintaan maafmu

Struktur Bagian Surat Pribadi Penting Anda Ketahui
Tuliskan permintaan maafmu www.mypurohith.com

Cara yang terakhir ini mintak maaf secara dewasa, bisa kamu coba ketika temanmu tidak ingin menemuimu. Maka, menulis kata-kata maaf yang ingin kamu ucapkan pada teman mengumpulkan pikiran serta mengungkapkan perasaanmu dengan lebih baik.

Teknik ini juga membantumu menemukan kata-kata yang lebih bagus dalam menyampaikan permintaan maafmu.

Semoga hubungan pertemananmu segera membaik. Itulah 5 cara mintak maaf secara dewasa ketika berbuat salah. Baca juga

Turis Muslim China Meminta Maaf Atas Kehadirannya Yang Meresahkan Padang Terkait Virus Corona

Berikan Nilai Untuk Konten ini